OKU Timur siapkan lahan 20.000 Ha wujudkan "food estate"

id agro sulition food estate, lumbung pangan baru, siapkan lahan 20.000 hektare, Bupati OKU Timur

OKU Timur siapkan lahan 20.000 Ha wujudkan "food estate"

Bupati OKU Timur, Lanosin Hamzah. (ANTARA/HO/21)

Martapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan menyiapkan lahan seluas 20.000 hektare (Ha) guna mewujudkan program Baca juga: "agro solution food estate" atau lumbung pangan baru di daerah tersebut.

Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah di Martapura, Rabu mengatakan, untuk membangun pertanian food estate harus dilakukan secara menyeluruh mulai dari lahan, bibit hingga hasil produksi pertanian yang mumpuni.

"Di Kabupaten OKU Timur sendiri saat ini memiliki luas lahan  tanam seluas 60.634 hektare dengan jumlah petani sebanyak 24.332 orang," katanya.

Untuk pembangunan program lumbung pangan baru di OKU Timur, kata dia, pihaknya telah menyiapkan lahan seluas 20.000 hektare yang tersebar di 19 kecamatan.
Baca juga: Banyuasin siapkan lahan 118 hektare dukung program food estate
Baca juga: Kabupaten OKI siapkan 59.118 Hektare lahan dukung program Food Estate


Pemkab OKU Timur juga telah melakukan pendekatan dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dalam upaya mewujudkan wilayah agro solution food estate di wilayah itu.

"Selain itu, seluruh kelompok tani di OKU Timur juga sudah mendapat pembekalan korporasi dalam rangka mewujudkan program tersebut," ujar dia.

Menurut dia, selain sebagai program ketahanan pangan, manfaat pembangunan food estate ini juga dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat dalam menciptakan lapangan pekerjaan.

"Alhamdulillah, Gubernur Sumsel Herman Deru mendukung penuh program ini. Bahkan, Pemprov Sumsel rencananya akan memberikan bantuan dana untuk Kabupaten OKU Timur agar program korporasi food estate ini dapat terwujud,” ujarnya.
Baca juga: Mentan janjikan produksi petani daerah jalankan program "Food Estate" bisa diekspor