Nasi liwet domba dari Garut diperkenalkan ke mancanegara

id Pemkab Garut, garut, kuliner, nasi liwet,berita sumsel, berita palembang, palembang hari ini

Nasi liwet domba dari Garut diperkenalkan ke  mancanegara

Pemilik usaha kuliner nasi liwet domba menunjukkan bahan baku dan bumbu untuk membuat nasi liwet domba saat acara Workshop Kuliner Nusantara di Fave Hotel Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (13/6/2021). (ANTARA/Feri Purnama)

Garut (ANTARA) - Pelopor kuliner nasi liwet domba dari Kabupaten Garut, Jawa Barat mengenalkan produknya ke mancanegara khususnya negara Timur Tengah sehingga kuliner Indonesia bisa lebih dikenal luas dan diminati orang asing yang dapat memberikan keuntungan secara ekonomi.

"Kita sudah mulai mengenalkan kuliner nasi liwet domba garut luar negeri kami ke mancanegara, yaitu ," kata pelopor kuliner nasi liwet domba Jajang Riyadi saat mengisi acara untuk mendemonstrasikan pembuatan nasi liwet domba kepada peserta Workshop Kuliner Nusantara di Fave Hotel Kabupaten Garut, Minggu.

Pemilik usaha kuliner bernama Bonita itu mengatakan nasi liwet buatannya berbeda dengan liwet lainnya yaitu menggunakan daging domba dan rempah-rempah khas yang banyak tumbuh di tanah Kabupaten Garut.

Baca juga: Bank SumselBabel cari UMKM siap ekspor kuliner ke Australia

Nasi liwet ini memiliki cita rasa tersendiri yang bisa diterima oleh pasar mancanegara, terutama orang Timur Tengah karena rasanya ada kesamaan dengan negara itu.

"Sasaran yang pas untuk mengenalkan nasi liwet domba ini mungkin daerah Timur Tengah, di sana punya pasar," katanya.

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbud, Riset dan Teknologi, Restu Gunawan menyatakan siap mendukung untuk mengenalkan produk kuliner khas Garut ke seluruh daerah di Indonesia, termasuk ke mancanegara.

Kuliner nusantara menjadi ciri khas budaya dan identitas bangsa Indonesia sehingga perlu dikenalkan ke seluruh negara agar bisa bersaing dengan kuliner khas dari negara lain.

Baca juga: Unagi, makanan mewah musim panas di Jepang

Beberapa kuliner dari Indonesia yang sudah dikenal dan diminati di luar negeri yaitu daging rendang, kemudian berbagai kuliner yang menjadi khas di Bali.

Kuliner dari daerah lainnya seperti Garut, bisa dipromosikan ke luar negeri salah satunya yang saat ini menjadi ciri khas Garut yaitu nasi liwet domba.

"Nasi liwet bisa kan itu kayak mirip-mirip kebuli ya," katanya.

Baca juga: Kiat agar "startup" kuliner bertahan dan bertumbuh di masa pandemi

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut Budi Gan Gan menambahkan daerah Garut memiliki banyak ciri khas kulinernya dan selalu digemari wisatawan, salah satunya menu makanan nasi liwet, termasuk nasi liwet yang saat ini sedang dikembangkan yaitu nasi liwet domba.

Ia berharap berbagai kuliner di Garut bisa lebih dikenal banyak orang di seluruh daerah Indonesia, atau bisa sampai ke mancanegara yang akhirnya nanti akan banyak kunjungan ke Garut.

"Kami terus sosialisasikan kuliner dari Garut, mengenalkan lebih dalam nasi liwet agar bisa 'go' internasional," katanya.