Kota Palembang tambah puskes hewan antisipasi meningkatnya kasus rabies

id Rabies palembang, puskeswan palembang, dpkp palembang, kasus rabies, vaksinasi anjing,Kasus gigitan anjing,Puskeswan tal

Kota Palembang tambah puskes hewan antisipasi meningkatnya kasus rabies

Dokter hewan menyuntikan vaksin ke kucing di Puskeswan Talang Jambe Palembang, Jumat (24/4/2021) ANTARA/Azis Munajar

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan menambah pusat kesehatan hewan di Kelurahan Talang Jambe untuk meningkatkan antisipasi kasus rabies agar wilayah tersebut bebas rabies.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Palembang Sayuti di Palembang Sabtu, mengatakan Kota Palembang belum dinyatakan bebas rabies meski selama empat tahun terakhir wilayah itu tidak ditemukan kembali kasus rabies.

"Kami coba pertahankan kasud 0 rabies ini sampai Kota Palembang dinyatakan wilayah bebas rabies pada 2024," ujarnya.

Puskeswan Talang Jambe tersebut sempat vakum karena tidak adanya SDM kesehatan hewan, namun pada 2021 diaktifkan kembali setelah Kementrian Pertanian menurunkan SDM untuk operasional puskeswan itu.

Sebelumnya Puskeswan Gandus telah dioperasionalkan pada 2018 sehingga kini kota pempek itu memiliki dua unit puskeswan, pihaknya menargetkan semua kecamatan memiliki puskeswan.

Menurut dia keberadaan puskeswan amat penting untuk meningkatkan pelayanan hewan dalam mengantisipasi zoonosis terutama rabies, sebab salah satu fokus puskeswan yakni vaksinasi anjing peliharaan maupun anjing liar.

Pemkot Palembang juga telah menerbitkan Perwali Nomor 38 Tahun 2020 terkait wajibnya pemilik anjing agar memvaksin anjingnya serta tidak melepasliarkannya karena berpotensi membahayakan warga.

Data DPKP Palembang mencatat kasus gigitan anjing pada 2016 berjumlah 162 kasus dengan dua kasus rabies meninggal dunia, selanjutnya selama 2017-2020 terdapat 932 kasus gigitan namun 0 kasus rabies.

"Vaksinasi anjing kunci mencegah penularan rabies," kata dia.

Sementara Kasi Kesehatan Hewan DPKP Palembang Jafrizal menambahkan pihaknya siap memvaksin seluruh populasi anjing di wilayah Palembang yang diperkirakan meningkat setiap tahun.

"Kami juga bekerjasama dengan klinik-klinik hewan dalam mengejar cakupan 70 persen vaksinasi anjing," katanya.

Ia juga berharap masyarakat dapat memanfaatkan Puskeswan Talang Jambe dalam menyehatkan hewan peliharaannya maupun berkoordinasi jika ada temuan berbagai penyakit hewan.