Sumsel target perbaiki akses jalan ke pemukiman dan pasar

id sumsel,jalan sumsel,perbaikan jalan,gubernur sumsel,herman deru,jalan rusak,jalan pasar,jalan pemukiman

Sumsel target perbaiki akses jalan ke pemukiman dan pasar

Gubernur Sumsel Herman Deru (kiri). (ANTARA/HO/21)

Palembang (ANTARA) - Pemprov Sumatera Selatan menargetkan perbaikan akses jalan menuju kawasan permukiman, sentra pasar dan UMKM setelah merampungkan kemantapan jalan akses kabupaten/kota.

Gubernur Sumsel Herman Deru di Palembang, Rabu, mengatakan perbaikan infrastruktur jalan tersebut dilakukan setelah jalan kabupaten/kota dalam kondisi 95 persen mantap.

“Tujuan kami memperbaiki infrastruktur ini tidak lain untuk menekan angka kemiskinan. Jika jalan bagus maka tentu bisa menekan biaya hidup karena ongkos transportasi lebih murah,” katanya saat acara peresmian infrastruktur Sumsel di Palembang.

Deru mengatakan selama dua tahun terakhir, dirinya sudah menggelontorkan bantuan dana kepada kabupaten/kota dengan fokus pada perbaikan infrastruktur.

Menurutnya, bantuan yang disalurkan baik secara langsung maupun dengan skema bantuan gubernur khusus (bangubsus) tersebut merata di 17 kabupaten/kota.

Salah satunya, Kota Palembang yang telah mendapat kucuran senilai total Rp668 miliar sejak 2019 sampai 2020 atau 2 tahun anggaran.

“Kami jawab keinginan masyarakat palembang tentang perbaikan dan peningkatan infrastruktur,” kata dia.

Menurutnya, infrastruktur ini merupakan hak masyarakat yang telah patuh membayar pajak dan retribusi.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Sumsel, Darma Budy, mengatakan alokasi bantuan infrastruktur di Palembang banyak terserap untuk pembangunan Jembatan Musi VI dan kawasan perkantoran.

“Untuk infrastruktur jalan yang jadi kewenangan provinsi sudah kami tangani, sementara yang jadi kewenangan kabupaten/kota itulah dibantu lewat bantuan gubernur,” kata dia.

Ia memastikan dukungan perbaikan dan peningkatan infrastruktur di daerah bakal terus berlanjut. Saat ini pemprov sedang mengkaji usulan program yang disampaikan pemkab/pemkot setempat.

 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar