Dinas Pertanian wujudkan daerah swasembada pangan

id Daerah swasembada pangan, tingkatkan produksi padi, padi organik, tenaga penyuluhan pertanian profesional, Dinas Pertani

Dinas Pertanian wujudkan daerah swasembada pangan

Ilustrasi petani padi menjaga tanaman padi. (ANTARA/HO/21)

Martapura (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan berupaya mewujudkan daerah swasembada pangan secara merata di wilayah itu dengan meningkatkan hasil pertanian padi.

Kepala Dinas Pertanian, OKU Timur, M Husin di Martapura, Rabu menyampaikan untuk mewujudkan daerah swasembada pangan setiap desa di wilayah itu diisi dengan puluhan tenaga penyuluh pertanian yang profesional guna memberikan pendampingan kepada petani agar memahami cara bercocok tanam yang baik dan benar.

"Hal tersebut dilakukan untuk membantu petani dalam upaya meningkatkan hasil pertanian," katanya.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan padi organik di OKU Timur saat ini telah tersedia lahan padi organik seluas 37 hektare yang tersebar di tiga kecamatan di wilayah itu.

"Dengan upaya yang sudah dilakukan ini diharapkan dapat meningkatkan target produksi padi di OKU Timur menjadi lebih dari 800 ribu ton padi," harapnya.

Bupati OKU Timur, Kholid Mawardi sebelumnya mengatakan sektor pertanian di wilayah itu menjadi andalan serta unggulan karena dalam mengelola pertanian tidak hanya mengandalkan kuantitasnya saja, tetapi juga menjaga kualitasnya.

Keberadaan penyuluh pertanian juga mampu memberikan energi positif bagi petani dalam upaya meningkatkan hasil pertanian.

"Alhamdulillah, OKU Timur saat ini sudah ada binaan untuk pertanian cara organik. Untuk lahannya juga akan diperluas lagi sehingga Kabupaten OKU Timur bisa mandiri pangan secara keseluruhan," ujarnya.