Warga OKI Sumsel minta program Jaksa Sahabat Desa dipertahankan

id jaksa,kejari,kejaksaan negeri,program kejari,kejari oki,pemkab oki,ogan komering ilir,kabupaten ogan komering ilir,berita sumsel, berita palembang, an

Warga OKI Sumsel minta program Jaksa Sahabat  Desa dipertahankan

Ilustrasi --- Warga melintasi jalan beton yang dibangun di antara bentangan sawah, dari program dana Desa di Kiarajangkung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (22/3). (ANTARA/HO/20)

Kayuagung (ANTARA) - Warga Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel), meminta Program Jaksa Sahabat Desa yang dijalankan Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat tetap dipertahankan karena bertujuan mencegah penyelewengan dana desa.

Tokoh masyarakat Desa Pampangan Kecamatan Pampangan OKI Munzir Soli di Kayuagung, Jumat, mengatakan melalui program itu diharapkan Program Dana Desa  tepat sasaran.

"Program ini prinsipnya mengutamakan pencegahan sehingga diharapkan meminimalisir korupsi dana desa, bukan malah melindungi kepala desa,” kata dia.

Menurut mantan Kepala Desa tiga periode itu, program ini juga bertujuan sangat baik karena menghilangkan keraguan aparatur desa dalam mengambil keputusan lantaran adanya perdampingan dari jaksa.

Selain itu melalui program Jaksa Sahabat Desa ini diharapkan semakin terwujud perbaikan birokrasi, terserapnya anggaran, dan terlaksananya penegakan hukum yang efektif dengan mengutamakan pencegahan.

“Zaman kami dulu, jadi kepala desa belum ada namanya dana desa ini. Meski demikian ketakutan dan keraguan mengelola anggaran mesti ada. Kami takut bermasalah dengan hukum,” ujar dia.

Apalagi, kata dia, saat ini dana sejumlah miliaran dibagikan ke desa sehingga menjadi hal yang wajar jika ada pendampingan dari penegak hukum. Dengan begitu, penyerapan anggaran menjadi optimal sehingga masyarakat semakin sejahtera.

Program Jaksa Sahabat Desa ini diluncurkan pada Juli 2020.

Kepala Kejaksaan Negeri Ogan Komering Ilir Ari Bintang Prakosa Sejati mengatakan peran jaksa dalam program ini di antaranya membuka wawasan kepala desa dalam mengelola dana desa agar semakin maksimal untuk kesejahteraan masyarakatnya.

“Kita mendampingi agar masyarakat desa, kepala desa khususnya, terbuka wawasannya untuk mengoptimalkan potensi desa dengan kearifan lokalnya sehingga dalam jangka pendek maupun panjang dapat berproses menunjang pembangunan baik fisik maupun SDM-nya,” kata Bintang.

Bupati OKI Iskandar mengapreasiasi kepedulian Kejari dalam mendukung pembangunan OKI dari desa.

“Kepada kepala desa, jangan ragu lagi asal itu demi kebaikan masyarakat. Kami akan bantu payung hukumnya, ada dari Kejari, Kepolisian, dan Forkopimda, yang selalu mendampingi,” kata dia.