Prajurit TNI bantu proses persalinan ibu melahirkan di perbatasan RI-PNG

id TNI bantu warga melahirkan, warga kampung Kondo Merauke, Kodam XVII/Cenderawasih

Prajurit TNI bantu proses persalinan ibu melahirkan di perbatasan RI-PNG

Prajurit TNI dari Satgaspam perbatasan Indonesia-PNG mengevakuasi seorang ibu yang akan melahirkan di Kampung Kondo Kabupaten Merauke.(ANTARA Papua/HO-Pendam XVII/Cenderawasih)

Merauke (ANTARA) - Prajurit TNI dari Satuan Tugas Pamtas RI-PNG Yonif 125/Si’mbisa membantu proses persalinan seorang ibu yang akan melahirkan dari Kampung Kondo menuju Puskesmas Neukenjerai, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, Rabu (1/7).

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 125/Si'mbisa Letkol Inf Anjuanda Pardosi mengatakan, selain menjalankan tugas menjaga pengamanan perbatasan RI-PNG, Satgas Yonif 125/Si’mbisa juga ikut membantu warga dalam mengatasi kesulitan untuk kebutuhan berobat.

Tugas kemanusiaan di daerah perbatasan Indonesia-PNG di lakukan danpos Kondo Letda Inf Purwanta beserta lima orang anggota turut membantu proses evakuasi warga yang mau melahirkan Nyonya Jois Sanggra dari Kampung Kondo menuju Puskesmas Nukenjerai.

Evakuasi ini dilakukan setelah adanya koordinasi dengan petugas kesehatan Puskesmas Pembantu (Pustu) Kondo Serfinus Omi Tan yang kekurangan peralatan medis untuk dialihkan ke Puskesmas Neukenjerai yang kondisinya lebih memadai.

Sebelum proses evakuasi berlangsung, Tim Kesehatan dari Pos Kondo Pratu Hendro Prasojo dan Prada Fadilah telah memeriksa tensi dan memasang infus untuk membantu meningkatkan stamina Jois yang sedikit lemas akibat muntah-muntah.

Selanjutnya Dansatgas menambahkan, setelah dilakukan koordinasi kemudian anggota TNI bersama petugas kesehatan membantu proses evakuasi Nyonya Jois menuju Puskesmas Neukenjerai.

"Membantu warga dalam kesulitan sebagai tindakan kemanusiaan yang dilakukan anggota TNI," ujarnya dalam keterangan tertulis Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih.

Setibanya di dermaga Neukenjerai langsung dijemput petugas Puskesmas Neukenjerai Dorkas Picarinissa Amd.Kebidanan beserta Tim Kesehatan Pos Kuler Sertu Diantoni Surbakti dan Prada Raldi untuk selanjutnya dibawa ke Puskesmas Nukenjerai menggunakan ambulance.

Kepala Kampung Kondo Elisa Mbanggu mewakili pihak keluarga sangat berterima kasih atas bantuan dari TNI.

"Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih terkait apa yang sudah dilakukan bapak bapak TNI untuk membantu proses melahirkan saudara kami ibu Jois," ujarnya.