Kompolnas cek kesiapan Polda Sumsel amankan Pilkada 2020

id kompolnas, polda susmel, kompolnas cek kesiapan pengaman pilkada di sumsel, pengaman pilkada serentak di tujuh kabupaten,berita sumsel, berita palemba

Kompolnas cek kesiapan Polda Sumsel amankan Pilkada 2020

Tim Kompolnas dipimpin Dede Farhan Aulawi melakukan pertemuan dengan Kapolda Sumsel Irjen Pol. Eko Indra Heri S. bersama sejumlah pejabat utama di mapolda, Palembang, Rabu (24-6-2020). ANTARA/Yudi Abdullah

Palembang (ANTARA) - Tim Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) melakukan kunjungan monitoring ke Polda Sumatera Selatan untuk mengecek kesiapan personel Polri melakukan pengamanan pemilihan kepala daerah serentak di tujuh kabupaten dalam provinsi setempat.

Tim Kompolnas yang dipimpin Dede Farhan Aulawi disambut Kapolda Sumsel Irjen Pol. Eko Indra Heri S. bersama sejumlah pejabat utama di mapolda, Palembang, Rabu.

Dede Farhan mengatakan bahwa kunjungan kerjanya ke wilayah Polda Sumsel dalam rangka monitoring kesiapan pilkada serentak, 9 Desember 2020, seperti kesiapan piranti lunak, latpra operasi, sarana dan prasarana, anggaran, personel, dan kesiapan posko.

Selain itu, mengecek kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang pilkada serta potensi gangguan apa saja yang akan terjadi dan langkah-langkah antisipatif untuk mengatasinya.

Dalam kesempatan itu, Dede Farhan berharap seluruh jajaran personel Polda Sumsel yang bertugas agar senantiasa menjaga netralitas sehingga hasil pilkada sesuai dengan harapan masyarakat.

Sementara itu, Kapolda Sumsel Irjen Pol. Eko Indra Heri S. menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan seluruh kekuatan personel dan peralatan untuk menjaga kondisi kamtibmas tetap kondusif menjelang pilkada serentak akhir tahun ini.

Ia mengatakan bahwa pihaknya juga selalu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh fungsi yang terkait. Apabila terjadi kendala di lapangan, personelnya dapat menyelesaikannya secara damai.

Sebelum ke lapangan untuk melakukan pengaman pilkada, kata Kapolda, seluruh personel yang terlibat dalam operasi pengamanan itu dibekali pengetahuan dan wawasan tentang aturan ataupun ketentuan terkait dengan pesta demokrasi rakyat itu.

Dengan persiapan tersebut, dia berharap pilkada serentak di tujuh kabupaten, yakni Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, OKU Selatan, Pali, Musirawas, dan Musirawas Utara bisa berjalan kondusif, aman, damai, dan sejuk.