Kukang jantan dan elang brontok dilepasliarkan ke Taman Wisata Alam Bukit Kaba

id kukang,elang brontok,TWA Bukit Kaba,kukang jantan,bksda bengkulu

Kukang jantan dan elang brontok dilepasliarkan ke Taman Wisata Alam Bukit Kaba

Petugas BKSDA Bengkulu melepasliarkan kukang dan elang brontok, yang tergolong satwa dilindungi, ke TWA Bukit Kaba di Kabupaten Rejang Lebong. (HO BKSDA Bengkulu)

Rejang Lebong (ANTARA) - Petugas Seksi Konservasi Wilayah I Kantor Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu melepasliarkan satu kukang jantan dan satu elang brontok jantan ke wilayah Taman Wisata Alama (TWA) Bukit Kaba di Kabupaten Rejang Lebong.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Bengkulu Said Jauhari dalam keterangan tertulis balai yang diterima di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan pelepasliasan kukang (Nycticebus coucang) dan elang brontok (Ictinaetus malayensis) ke TWA Bukit Kaba beberapa hari lalu merupakan bagian dari upaya pemulihan fungsi kawasan dan seluruh ekosistem di dalamnya.

Sebelum pelepasliaran, ia melanjutkan, BKSDA memeriksa kesehatan dua satwa dilindungi tersebut serta mengecek kelayakan tempat pelepasliaran yang selanjutnya akan menjadi habitat mereka.

BKSDA memilih TWA Bukit Kaba sebagai tempat pelepasliaran karena area tersebut status perlindungannya sudah jelas dan kondisinya sesuai dengan kebutuhan satwa yang akan dilepasliarkan, punya cukup sumber pakan, tempat untuk bertengger dan bersarang, serta kondisinya mendukung perkembangbiakan satwa.

Selain itu, pelepasliaran kukang dan elang brontok dinilai tidak akan mengganggu keseimbangan ekosistem di TWA Bukit Kaba.

Said menjelaskan pula bahwa pada dasarnya satwa liar di alam bebas tidak boleh diganggu karena keberadaan mereka berperan penting bagi kelestarian lingkungan, mulai dari membantu proses penyerbukan bunga, menyebarkan biji untuk menumbuhkan hutan, hingga mengendalikan hama.

 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2022