Ratusan sekolah di OKU terima dana BOS tahap I

id Pencairan dana BOS tahap I,dana bantuan sekolah,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang ha

Ratusan sekolah di OKU terima dana BOS  tahap I

Ilustrasi- Dana bantuan BOS Afirmasi dan BOS Kinerja. ANTARA/Ardika/am

Baturaja (ANTARA) - Ratusan sekolah di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan sudah menerima dana bantuan operasional sekolah (BOS) tahap I tahun anggaran 2020 yang disalurkan ke rekening sekolah penerima bantuan tersebut.

"Alhamdulillah dana tersebut sudah cair dan bisa digunakan untuk kepentingan sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Ogan Komering Ulu (OKU) Teddy Meilwansyah melalui Kabid PTK Asnilawati di Baturaja, Senin.

Dia mengemukakan, dana bantuan dari pemerintah pusat tersebut sudah ditransfer ke rekening sekolah penerima bantuan di wilayah setempat.

Jumlah sekolah yang menerima dana BOS tahap pertama tahun ini, kata dia, untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) yaitu sebanyak 52 SMP negeri dan 11 SMP swasta.

Sedangkan, lanjut dia, untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) yaitu terdiri atas 187 SD negeri dan 14 SD swasta.

"Untuk nilai atau besaran dana BOS yang diterima oleh sekolah ditentukan berdasarkan jumlah siswa di sekolah masing-masing," ujarnya.

Ia menegaskan adapun peruntukan dana bantuan tersebut antara lain yaitu untuk rehab sekolah, penerimaan peserta didik baru, pengembangan perpustakaan, pembelajaran dan ekstrakulikuler dan honor pegawai atau guru di sekolah.

"Penggunaan dana bantuan ini harus transparan, tepat sasaran dan sesuai aturan yang berlaku agar tidak ada oknum kepala sekolah yang tersandung hukum akibat penyalahgunaan dana BOS," tegasnya.