Gelar rakortas, Menko Polhukam bahas pembebasan sandera oleh Abu Sayyaf

id Rakortas, nelayan,disandera,Abu Sayyaf,Edhy Prabowo,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari

Gelar rakortas, Menko Polhukam bahas pembebasan sandera oleh Abu Sayyaf

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD. (Antara Foto/Syaiful Hakim)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Politik Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menggelar rapat koordinasi terbatas (rakortas) di kantor Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) Jakarta, Selasa.

Saat membuka rakortas, Mahfud mengatakan, rapat koordinasi tersebut tertutup sehingga meminta agar awak media meninggalkan ruang rapat.

"Hari ini dalam rapat koordinasi kita akan bicarakan kasus-kasus dan tindak lanjutnya, terutama yang berkaitan dengan keamanan dalam negeri dan politik luar negeri," ujar Mahfud.

Sebelum menggelar rakortas yang berlangsung tertutup itu, Mahfud sempat mengatakan pemerintah sedang membahas soal isu langkah strategis pembebasan tiga nelayan yang disandera kelompok bersenjata Filipina Abu Sayyaf.

Mahfud mengatakan, pemerintah Republik Indonesia sudah punya solusi langkah-langkah dengan berbagai tahapan untuk menyelamatkan warga negaranya karena negara harus bertanggung jawab atas keselamatan mereka.

"Apa langkah itu? Tentu ini rahasia karena kalau dibuka itu bukan sebuah tindakan untuk pembebasan. Itu saja ya," ujar Mahfud.

Rakortas terbatas itu dihadiri oleh Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti Trenggono serta Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

Terdapat pula nama Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan dalam daftar hadir pejabat. Ada juga nama Kepala Staf Umum TNI Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto, perwakilan dari Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI, Kementerian Luar Negeri, dan Polri.