Quartararo ungguli Vinales di FP3 GP San Marino

id fabio quartararo,gp san marino,motogp

Quartararo ungguli  Vinales di FP3 GP San Marino

Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) di GP San Marino (Sepangracingteam.com)

Jakarta (ANTARA) - Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) kembali tampil tercepat di sesi latihan GP San Marino, Sirkuit Misano Marco Simoncelli, Sabtu.

Di penghujung sesi FP3, pebalap rookie asal Prancis itu memperbaiki catatan waktunya menjadi satu menit 32,081 detik untuk menggeser pebalap pabrikan Yamaha Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) ke peringkat dua dengan selisih 0,356 detik, demikian laman resmi MotoGP.

Semua pebalap yang finis peringkat 10 besar di FP3 memperbaiki catatan waktu sesi latihan sebelumnya sehingga mereka mengantongi tiket langsung lolos ke Q2.

Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) yang finis enam besar di sesi latihan jumat, menikmati hasil positif di FP3 dengan finis ketiga tercepat terpaut 0,565 detik dari catatan waktu Quartararo.



Espargaro mengakui jika KTM telah bekerja keras dengan pebalap uji Dani Pedrosa dalam mengembangkan motor mereka, terlebih untuk meningkatkan daya cengkeram di bagian depan sehingga mereka mampu lebih memaksa motor mendekati batasnya.

Al hasil, Espargaro mampu unggul tipis 0,040 detik dari juara bertahan Marc Marquez (Repsol Honda) yang finis keempat tercepat hari itu.

Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) finis kelima di depan Takaaki Nakagami (LCR Honda IDemitsu) dan Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP).

Kemudian Alex Rins (Suzuki Ecstar) mampu menembus tempat otomatis di Q2 setelah finis P8 di depan dua pebalap Ducati Michele Pirro, yang mendapat wild card, dan Andrea Dovizioso, juara GP San Marino tahun lalu, yang harus berjuang keras untuk mendapatkan slot terakhir untuk ke Q2.



Johann Zarco (Red Bull KTM Factory Racing) dan Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech 3) terlempar ke P11 dan P12 diikuti oleh Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) di P13.

Hari yang buruk bagi tim Pramac Racing ketika dua pebalapnya Francesco Bagnaia dan Jack Miller terseok sesok di P14 dan P16. Joan Mir (Suzuki Ecstar) berada di antara pebalap tim independen Ducati itu.

Pebalap pabrikan Ducati Danilo Petrucci finis P17 menambah kekecewaan bagi tim yang bermarkas di Borgo Panigale itu.

Sementara itu, Jorge Lorenzo (Repsol Honda) yang masih memulihkan diri dari cedera finis di P19.



Sesi FP4 digelar pukul 18:30 sebelum babak kualifikasi MotoGP dimulai dengan sesi Q1 pada Sabtu pukul 19:10 WIB.


Sepuluh besar waktu terbaik dari kombinasi latihan
1. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) 1:32,081
2. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0,356
3. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) + 0,565
4. Marc Marquez (Repsol Honda Team) + 0,605
5. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) + 0,975
6. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) + 1,017
7. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 1,022
8. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) + 1,059
9. Michele Pirro (Ducati Team) + 1,213
10. Andrea Dovizioso (Ducati Team) + 1,259