Wonderful Indonesia promo di dua kota besar di Rusia

id Wonderful Indonesia,moscow,st petersbug,bus pariwisata,open great bus

Wonderful Indonesia promo di dua kota besar di Rusia

Wonderful Indonesia dipromosikan di dua kota besar di Rusia (Dok. Kemenpar)

Jakarta (ANTARA) - Brand pariwisata "Wonderful Indonesia" dipromosikan di dua kota besar dan simpul destinasi wisata di Rusia yaitu Moscow dan St Petersburg untuk menarik lebih banyak wisatawan dari kawasan itu ke Indonesia.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Nia Niscaya, di Jakarta, Rabu mengatakan wisatawan mancanegara (wisman) dari Rusia semakin besar dan pertumbuhannya semakin banyak.

“Mereka selama ini banyak yang sudah sampai di Thailand dan Vietnam. Maka ini saatnya menarik mereka ke Indonesia. Beberapa yang telah kami lakukan selain melalui channel digital, kami juga membungkus bus-bus pariwisata di dua kota yang memang sudah menjadi tujuan banyak wisatawan di Rusia ini dengan brand Wonderful Indonesia,” kata Nia.

Nia menjelaskan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisatawan Rusia ke Indonesia pada 2018 sebanyak 125.728 orang atau meningkat 6.97 persen dari 2017 sebanyak 117.532 orang.

“Pertumbuhan kunjungan wisatawan asal Rusia ke Indonesia termasuk yang tertinggi di antara negara-negara Eropa lain. Dari situ, kita melihat potensi pasar ini masih cukup besar. Dan kami akan upayakan menggenjotnya dengan lebih maksimal,” ujarnya.

Dia menambahkan, Moscow dan Saint Petersburg dipilih sebagai lokasi branding karena merupakan kota sentral di Rusia. Di samping Moscow dan Sanit Petersburg merupakan kota besar dan padat penduduk.

Di Moscow, branding dilakukan pada open great bus. Sejumlah destinasi wisata Indonesia akan terpasang di bus-bus termasuk foto destinasi Bali, beberapa destinasi di Jawa Tengah, hingga Banyuwangi, Jawa Timur. Branding dilakukan sejak 15 Juni dan akan berakhir pada 14 Juli 2019.

Rute yang dilalui open great bus yang telah dibranding yaitu Bolotnaya Square, Arbatskaya Square, Sivtsev Vrazhek lane, Vozdvizhenka Street, Smolenskaya Square, Borodino Bridge, Taras Shevchenko emb. Ukraine Hotel, Novinsky Boulevard, Arbat Gates, Alexander Garden, Okhotny Ryad, GUM, dan Lubyanka Square.

“Sementara di Saint Petersburg, branding juga dilakukan ke badan open great bus. Durasi branding dilakukan sejak 15 Juni hingga 31 Juli 2019. Destinasi yang kami pasang adalah Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur, dan Raja Ampat,” kata Nia.

Di wilayah ini, open great bus yang telah dibranding akan melalui rute St. Isaac’s Cathedral, Palace Square, Kazan Cathedral, Anichkov Palace, Vosstaniya Square, Eliseyev Brothers Emporium, Arts Square, Summer Garden, Eternal Flame, Palace Embankment, dan Bronze Horseman.

Kemenpar juga sempat mempromosikan Wonderful Indonesia dengan cara serupa saat ajang Piala Dunia 2018.

Langkah itu dianggap efektif karena ketika itu fokus publik di seluruh dunia sedang terpusat ke sana termasuk ribuan media dari ratusan negara menyorotkan kameranya ke Rusia sebagai tuan rumah acara.