Promosi Wonderful Indonesia di Moskow tarik minat wisatawan

id Wonderful Indonesia,Festival Indonesia ,Indonesia-Rusia,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang h

Promosi Wonderful Indonesia di Moskow tarik minat wisatawan

Duta Besar RI untuk Rusia Wahid Supriyadi (kiri) dan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata Nia Niscaya (kanan) dalam konferensi pers tentang Festival Indonesia, di Jakarta, Kamis (4/7/2019). (ANTARA/Yuni Arisandy)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata RI adakan promosi Wonderful Indonesia dalam acara Festival Indonesia ke-4 bertema "Visit Wonderful Indonesia: Enjoy Our Tropical Paradise" di Moskow pada 2-4 Agustus untuk menarik wisatawan Rusia.

"Kementerian Pariwisata menganggap penting Festival Indonesia ini karena bagus untuk promosi Wonderful Indonesia dan mengangkat awareness tentang Indonesia ke Rusia," kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata, Nia Niscaya, di Jakarta, Kamis.

Menurut Nia, Festival Indonesia ke-4 dengan tema tersebut yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Moskow akan bermanfaat untuk mempromosikan berbagai tujuan wisata di berbagai daerah di Indonesia, selain Bali.

"Kita berupaya untuk memperluas wawasan tentang tujuan wisata bagi warga Rusia yang akan berkunjung ke Indonesia. Tema tersebut untuk memperluas tujuan wisata bagi wisatawan bahwa yang indah di Indonesia bukan cuma Bali," ujar dia.

Pada 2018 terjadi peningkatan kunjungan wisatawan Rusia ke Indonesia hingga mencapai 125.728 orang atau meningkat tujuh persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Peningkatan tersebut didukung dengan dibukanya penerbangan langsung Rusia-Denpasar oleh maskapai Rossiya by Aeroflot yang melayani penerbangan sebanyak tiga kali dalam sepekan menggunakan pesawat Boeing 777-300.

Namun demikian, jumlah turis Rusia yang mengunjungi Indonesia masih relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan negara lainnya ASEAN, seperti Thailand dan Vietnam.

Besarnya jumlah turis Rusia yang mengunjungi Thailand dan Vietnam selain didukung oleh penerbangan langsung, juga didukung oleh promosi pariwisata, termasuk subsidi, yang cukup besar dari kedua negara tersebut.

Dalam Festival Indonesia di Moskow, pemerintah daribberbagai daerah di Indonesia dapat mempromosikan potensi daerah masing-masing, termasuk pariwisata.

Festival Indonesia ke-4 diharapkan akan lebih besar dan meriah dari festival sebelumnya karena bertepatan dengan menyongsong peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Rusia pada 5 Februari 2020. Festival tersebut ditargetkan akan dikunjungi oleh sekitar 140 ribu warga Rusia.

Festival Indonesia merupakan ajang promosi perdagangan, investasi, pariwisata dan seni budaya secara terpadu sebagai bagian dari diplomasi ekonomi Indonesia di Rusia.