Ngopi bareng BungFk, "Blogging" dengan diskusi

id Blog,Diskusi,BungFk

Ngopi bareng BungFk, "Blogging" dengan diskusi

Founder Ngopi bareng BungFk, Fatkurohman (kiri) di salah satu kegiatan diskusi publik Ngobrol Pintar dan Inspiratif bareng BungFk di Palembang. (ANTARA News Sumsel/Fernando Tri Tanjung/Erwin Matondang/18).

....Ide dasar dan pondasi dari diskusi ini adalah blog discussion yakni kombinasi dari literasi dan bicara publik....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Blogging adalah salah satu cara seseorang menuangkan pikiran maupun kegiatan dalam satu wadah yang dinamakan Blog.

Ada satu blog yang memiliki ciri khas tersendiri dengan konten diskusi publik berkonsep santai dengan mengeksplor berbagai macam tema dan topik yang menarik yakni Ngobrol Pintar dan Inspiratif (Ngopi) bareng BungFk.

“Ngopi bareng BungFk ini adalah bagaimana kita mengeksplorasi diri karena basis dasarnya untuk diskusi sekaligus untuk lebih meningkatkan tradisi diskusi di kota Palembang,”kata Founder Ngopi bareng BungFk Fatkurohman di Palembang, Jumat (21/12).

Ia mengatakan blog ini diawali dari hobi melakukan kegiatan blog sejak masih berstatus mahasiswa di salah satu Universitas terbesar di Palembang.

“Untuk nama awal blognya yakni Fkcenter.blogspot.com dengan konten awalnya yaitu berita pilihan kita di lapangan, karena saya juga sebagai
produser salah satu radio di Palembang,” jelasnya.

Blog ini pun terealisasi di Februari 2018 lalu dengan pengubahan nama blog menjadi bungfk.com dengan “fk” yang merupakan inisial dari nama founder dan penggunaan kata “bung” yang merupakan sapaan akrab dalam dunia penyiaran radio.

Bingung, perasaan ini sempat melanda pria yang kerap disapa “Fatkur” ini dalam awal pengisian konten, namun seiring berjalannya waktu melalui pemikiran dan ide sendiri, Fatkur menggagas konten blog ini melalui kegiatan diskusi.

Ngopi bareng BungFk edisi pertama terlaksana dengan tema saat itu bertajuk “Women Will”  dengan tema “Tips Perempuan Berwirausaha di Era Digital” pada Mei 2018 lalu.

Edisi pertama ini sekaligus sebagai peluncuran perdana dari diskusi publik Ngopi bareng BungFk yang terbuka untuk umum.

Ngopi bareng BungFk pun berlanjut ke edisi kedua dengan penambahan makna dari “Ngopi” yang semula singkatan dari Ngobrol Pintar menjadi Ngobrol Pintar dan Inspiratif.

“Dengan penambahan makna “Inspiratif” ini memberikan tujuan dari diskusi ini yang selain sebagai kajian positif intelektual namun juga menginspirasi, oleh karenanya tagline kami hingga saat ini yakni “Positif Menginspirasi”,” ujar Fatkur.

 

Founder Ngopi Bareng BungFk dan produser salah satu radio di Palembang, Fatkurohman (Ist.)

Ngopi bareng BungFk terus berlanjut hingga sekarang yang telah menginjak edisi ke-12 dengan berbagai topik mulai dari kewirausahaan, politik, kepemudaan, profesi, hingga pertahanan dan keamanan (hankam).

“Kita mendiskusikan topik dengan berbagai tema menggunakan konten yang menarik, seperti saat mendiskusikan tema politik para calon legislatif (caleg), kita tidak selalu membahas visi dan misi caleg untuk menang, tapi bagaimana kita menyorot konten para caleg dalam membahas suatu permasalahan,”  jelas pria kelahiran Musi Banyuasin 17 Maret 1983 silam ini.

Ia mengatakan diawal mulainya Ngopi bareng BungFk ini masih bekerja sama dengan instansi sendiri, namun berangsur hingga sekarang mulai berkolaborasi dengan instansi lainnya seperti balai besar, juru bahasa dan lainnya.

Ide dasar dan pondasi dari diskusi ini adalah blog discussion yakni kombinasi dari literasi dan bicara publik yang selama ini Fatkur geluti di dunia jurnalistik.

“Berdiskusi ini membutuhkan konsistensi, dalam mempertahankan diskusi ini harus melalui berbagai perjuangan dan tantangan,” ujarnya.

Fatkur membeberkan berbagai tantangan yang dihadapi mulai dari merencanakan diskusi, pemlihan narasumber berdasarkan topik diskusi, meyakinkan narasumber, hingga berbagai faktor dari narasumber sendiri.

“Terkadang juga ada narasumber yang terjebak deadline atau ada suatu urusan yang membuatnya mendadak tidak bisa hadir, namun disini tetap harus mengutamakan profesionalitas diri agar diskusi dapat tetap berjalan,” Tegas Fatkur.

Dalam mempersiapkan diskusi turut diperhatikan mulai dari kelengkapan narasumber, audien dan jurnalis.

“Peran jurnalis disini juga penting dalam diskusi untuk penyebaran isi dan hasil dalam diskusi ini nantinya kepada masyarakat luas,” jelasnya.

Fatkur turut menjelaskan proses dirinya dalam membawa diskusi, dimana dari awal hingga akhir diskusi semua mengalir dalam pikiran tanpa suatu persiapan seperti materi dalam secarik kertas dan sebagainya.

“Diskusi itu mengalir saja, yang penting tetap dalam lingkup tema dengan terus menggali topik tersebut dari para narasumber,” tambah Fatkur yang juga merupakan Dewan Pakar dari Rumah Citra Indonesia ini.

Ngopi bareng BungFk merupakan diskusi yang bersifat terbatas untuk umum yang juga turut mengundang pihak terkait serta komunitas dan komponen penting lainnya termasuk jurnalis.

“Diharapkan Ngopi bareng BungFk ini tetap terus rutin berjalan, berkembang dengan tema yang semakin menarik serta dapat semakin dikenal se-Sumsel hingga luar provinsi,” tutupnya.