INASGOC kesulitan atur video blog Asian Games

id INASGOC, Panitia Asian Games, pertandingan Asian Games, Linda Wahyudi, Dewan Olimpiade Asia, oca, jaringan televisi kabel

INASGOC kesulitan atur video blog Asian Games

Dokumentasi- Peninjauan arena ini dilakukan Major Shunmugam Uthrapathy sebagai Delegasi Teknik Dewan Olimpiade Asia (OCA). (ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) mengakui kesulitan mengatur perekaman video blog personal dengan menggunakan ponsel pintar ketika pertandingan Asian Games.

"Hak siar pertandingan Asian Games di Indonesia sudah dimiliki grup media Emtek dan tidak boleh ada yang melakukan siaran di arena pertandingan. Tapi, kami susah mengatur orang per orang yang melakuan rekaman pakai ponsel," kata Direktur Penyiaran INASGOC Linda Wahyudi di sela-sela kunjungan Forum Media Asian Games di komplek olahraga Jakabaring, Palembang, Selasa.

Linda mengatakan aturan penyiaran Asian Games telah ditetapkan perusahaan asal Jepang Dentsu yang bekerja sama dengan Dewan Olimpiade Asia (OCA).

"Aturan penyiaran pertandingan Asian Games itu mencakup siaran jaringan terestrial atau frekuensi publik, jaringan televisi kabel atau berbayar, dan siaran layanan digital," kata Linda.

Meskipun kesulitan mengatur perekaman video blog personal, Linda menyebut sejumlah keterbatasan jika melakukan siaran langsung ataupun perekaman pertandingan dengan ponsel pintar.

"Mereka pasti membutuhkan kuota data yang sangat besar dengan akses data yang sangat cepat. Lokasi perekaman juga terbatas tidak di semua sisi di arena pertandingan karena akses itu untuk pemilik hak siar," kata Linda.

Linda mengatakan penonton Asian Games tentu mengharapkan tayangan pertandingan secara keseluruhan sejak awal hingga perolehan medali.

"Tapi, kami akan tetap berupaya untuk melindungi pemilik hak siar Asian Games dengan cara mencegah penggunaan kamera profesional dalam arena pertandingan," katanya.

Jurnalis televisi peliput Asian Games, lanjut Linda, diperkenankan merekam gambar pertandingan dengan batasan waktu lima menit untuk kebutuhan pemberitaan dan bukan penyiaran pertandingan.

Forum Media Asian Games 2018 merupakan kegiatan Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) yang bertujuan menjelaskan persiapan pelaksanaan pesta multi-cabang olahraga yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang, pada Agustus 2018.

Forum yang diikuti media-media dari 22 perwakilan negara di Asia itu juga akan termasuk kunjungan ke sejumlah arena olahraga di Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, dan Kawasan Jakabaring, Palembang.