Asian Games (skateboard) - Inasgoc antisipasi hujan ganggu pertandingan skateboard

id skateboar,asian games,inasgoc,berita sumsel,berita palembang,pertandingan skateboar

Asian Games (skateboard) - Inasgoc antisipasi hujan ganggu pertandingan skateboard

Skateboarder Indonesia Jason Dennis Lijnzaat melakukan gerakan trik saat sesi latihan di arena roller sport Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (22/8) (INASGOC/Muhammad Adimaja/thv/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Komite Penyelenggara Asian Games 2018 Indonesia atau INASGOC menyiapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi hujan yang bisa mengganggu pertandingan cabang olahraga skateboard.

Kita sudah siapkan beberapa skenario, kata Venue Manager Cabang Olahraga Skaterboard AG 2018, Egy Adhitya Hilman, di Jakabaring Sport City, Palembang, Sumsel, Senin.

Cuaca kurang mendukung untuk olahraga di luar ruangan karena selama beberapa hari terakhir hujan turun di Jakabaring Sport City. Hujan juga sempat mengganggu jadwal latihan resmi bersama di arena skateboard pada Minggu (27/8) dan Senin siang tadi.

Egy mengatakan pada prinsipnya arena skateboard yang dibangun dengan konstruksi beton relatif lebih mudah untuk kering setelah hujan. Air pastinya akan sedikit menggenang, namun ada saluran air yang disiapkan sehingga tidak mengakibatkan arena kebanjiran.

Skenario lainnya adalah ketika turun hujan, maka pertandingan harus dihentikan demi keamanan atlet. Tentu saja hal ini harus disepakati bersama oleh juri, panitia pelaksana dan kontingen peserta.

Apabila pertandingan tertunda cukup lama akibat hujan, lanjut Egy, maka pihaknya juga sudah mempersiapkan skenario untuk mengantisipasi pertandingan hingga malam hari.

Kita sudah siapkan lampu untuk main malam, katanya.

Ada 42 atlet dari 10 negara yang akan bersaing di cabang olahraga skateboar AG 2018.

Negara-negara yang mengirimkan atlet antara lain Indonesia, China, Jepang, Hong Kkong, Chinese Taipei, Korea Selatan, Malaysia, Filipina, Thailand dan Nepal.

Indonesia akan menurunkan enam skateboarder terbaik tingkat nasional.Ada dua nomor yang dipertandingkan, yakni park untuk putra dan putri, dan street putra dan putri.

Nomor park dipertandingkan di area yang menyerupai kolam renang tanpa air. Aturan dalam pertandingan ini adalah setiap atlet diberi kesempatan untuk beratraksi di tiga babak (runs). Waktu tiap runs adalah 45 detik, yang akan mulai dihitung ketika kedua kaki atlet berada di papan skateboard dan otomatis berhenti apabila atlet terjatuh. Juri akan memberi nilai maksimal hingga 100.

Sedangkan untuk nomor street, setiap atlet hanya diberikan dua kali runs dengan waktu tetap 45 detik. Namun, pada nomor ini ada penilaian trik terbaik (best trick) sebanyak lima kali. Nilai-nilai besar akan diakumulasi untuk menentukan empat besar yang berhak ke final.

Skateboard adalah cabang olahraga yang baru dipertandingkan di Asian Games. Olahraga ekstrim ini juga akan dipertandingkan di Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang.