Norwegia bantu program lanskap Sumsel

id lanskap Sembilang Dangku,Norwegia,berita sumsel,berita palembanga,antara sumsel,antara palembang

Norwegia bantu program lanskap Sumsel

Staf Khusus Perubahan Iklim Gubernur Sumatera Selatan Najib Asmani (ANTARA News Sumsel/Dolly Rosana/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Norwegia salah satu negara donor yang membantu program lanskap Sembilang Dangku di Kabupaten Banyuasin dan Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Staf Khusus Gubernur Bidang Perubahan Iklim Najib Asmani di Palembang, Senin mengatakan, Sumsel melaksanakan program lanskap atau restorasi lingkungan dan itu dibantu negara donor.

Negara donor yang membantu lanskap itu seperti Norwegia dan Inggris karena mereka peduli dengan program perbaikan lingkungan, ujar dia.

Ia mengatakan selain itu program tersebut untuk menciptakan ekonomi hijau karena pengelolaannya antara lain mengikutsertakan masyarakat sekitar dengan tidak merusak lingkungan.

Hal ini karena dalam pengelolaan lanskap antara lain pembinaan desa di bidang perkebunan, perikanan dan ekonomi hijau lainnya, kata dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan oleh karena itu program lanskap penting dilaksanakan karena itu juga untuk mencegah agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Apalagi Sumsel areal hutan dan rawanya cukup luas dan bila itu tidak dikelola secara maksimal bisa saja terjadi kebakaran hutan dan lahan saat musim kemarau, kata dia.

Sebenarnya program lanskap dimulai sejak adanya kebakaran hutan dan lahan pada 2015 yang mengakibatkan timbulnya kabut asap cukup tebal.

Bahkan, asap tersebut hingga sampai keluar negeri sehingga menjadi perhatian masyarakat dunia.

Sebelumnya Direktur Program Kelola Sendang Damayanti Buchori mengatakan, program lanskap tidak lain untuk melestarikan lingkungan agar tetap hijau.

Selain itu lanskap juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat tanpa merusak lingkungan, tambah dia.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar