Menhub dorong Kabupaten Banyuasin jadi percontohan transportasi sungai

id Menhub,Banyuasin

Menhub dorong Kabupaten Banyuasin jadi percontohan transportasi sungai

Menhub Budi Karya Sumadi . (ANTARA/Rosa Panggabean)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan dijadikan sebagai model percontohan penyelenggaraan transportasi sungai di Indonesia karena diyakini akan meningatkan konektivitas transportasi di Sumsel dan sekitarnya.

"Banyuasin adalah kebanggaan Sumatera Selatan, bahkan Indonesia. Di sini potensi angkutannya adalah angkutan sungai. Sehingga kami ingin menjadikan Banyuasin sebagai percontohan model angkutan sungai di Indonesia," kata Budi, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu.

Dia menjelaskan, bila semua aspek mulai dari pelabuhan dan jenis kapal sudah terpenuhi dengan baik dan bisa dijadikan percontohan maka fungsi angkutan sungai Banyuasin pun dapat dipergunakan untuk kegiatan sehari-hari maupun kegiatan untuk mendukung perekonomian daerah.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan saat ini kecamatan-kecamatan yang ada di Sumatera Selatan membutuhkan sarana lalu lintas air agar masyarakat tidak harus ke Palembang untuk mengantar hasil bumi dan sebagainya.

Dengan begitu, masyarakat bisa menggunakan dermaga Banyuasin dan tersambung dengan kawasan industri. Saat ini, menurut Herman Daru, pembangunan dermaga sedang melalui tahap amdal.

"Realisasi pembangunan secara umum yaitu pelabuhan dan penyeberangan. Saat ini dari kementerian sudah dalam tahap penyelesaian pembangunan Dermaga Makarti," kata Herman.

Sementara itu, Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat memberikan satu buah bus sekolah kepada Pemerintah Kabupaten Banyuasin untuk memberi kemudahan mobilisasi bagi pelajar dan menghimbau untuk selalu mengutamakan keselamatan jalan.

Selain memberikan bantuan bus, Kemenhub juga membagikan helm dalam rangka mensosialisasikan kampanye keselamatan jalan.