MCMC tingkatkan inovasi mahasiswa

id Universitas,Musi charitas,Musi management student club,Inovasi

MCMC tingkatkan inovasi mahasiswa

Ketua program studi manajemen Universitas Katolik Musi Charitas, Dr. Chandra Astra Trenggana (tiga kiri) dan Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Palembang, Gunadi Wirawan (tengah) dan jajaran di seminar nasional Musi Charitas Management Celebration (MCMC) 2018 Palembang, Selasa (6/11). (ANTARA News Sumsel/Fernando Tri Tanjung/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Himpunan mahasiswa jurusan manajemen (Musi Management Student Club) menggelar kompetisi nasional bertajuk “Musi Charitas Management Celebration” (MCMC) 2018 ke-6 di Universitas Katolik (Unika) Musi Charitas dalam meningkatkan inovasi untuk pemecahan masalah perusahaan.

“Tujuan kegiatan MCMC adalah meningkatan kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu dan teknologi untuk pemecahan masalah perusahaan dan membangun jejaring nasional antar mahasiswa manajemen se-Indonesia,” kata Ketua Program Studi Manajemen dan pendamping kegiatan Dr. Candra Astra Trenggana di Palembang, Selasa (6/11).

Ia mengatakan tujuan selanjutnya dari kegiatan ini ialah untuk mengeratkan hubungan antara perguruan tinggi dengan perusahaan.

“Kegiatan ini merupakan sebuah kompetisi mengenai business case yang berasal dari masalah perusahaan sponsor di kegiatan ini maupun pengembangan yang diharapkan perusahaan dari para mahasiswa,” ujarnya.

MCMC 2018 diikuti oleh 20 tim, kemudian diseleksi menjadi 14 tim sebagai finalis di Unika Musi Charitas. tim yang masuk ke babak final berasal dari berbagai Universitas di Indonesia dari pulau Sumatera sampai pulau Jawa.

“Universitas tersebut diantaranya Universitas Andalas Padang, Universitas Katolik Musi Charitas Palembang, Universitas IBA Palembang, Universitas Baturaja, Universitas Bunda Mulia Jakarta, Universitas Tarumanegara Jakarta, Universitas Mercu Buana Jakarta, Universitas Parahyangan Bandung, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dan Universitas Ciputra Surabaya,” jelas Candra.  

Ia menambahkan perusahaan dan asosiasi yang berkontribusi menjadi pihak sponsor pada MCMC 2018 ini diantaranya Indonesia Marketing Association (IMA), Amanzi Waterpark, PT. Pegadaian (persero), PT. Toyota Astra Finance dan Ikatan Alumni Universitas Katolik Musi Charitas.

“Selain tropi dan medali, hadiah uang tunai dengan total Rp16 juta menanti para tiga besar tim pemenang,” ujarnya.

Presiden IMA Chapter Palembang, Gunadi Wirawan berharap hasil daripada studi kasus ini akan membuahkan ide-ide strategis baru di bidang marketing dimulai dari milenial saat ini.

“Mahasiswa harus pintar dalam berinovasi dan mengembangkan pikirannya, dalam hal ini termasuk dalam inovasi peningkatan pengunjung perusahaan salah satunya di Amanzi Waterpark,”ujar Gunadi.

Manager of Estate & Chief of Operational Amanzi WaterPark, Louise Melisa Elimia mengatakan Amanzi sangat mendukung kegiatan ini dalam meningkatkan potensi diri mahasiswa dan berinovasi di era digital ini.

“Kita ingin semua mahasiswa yang terpilih ini menjadi yang terbaik dari seluruh Indonesia dan diharapkan mereka dapat mencari ide yang lebih baik lagi untuk masyarakat,” tutupnya.