Danrem gapo terus maksimalkan pencegahan kebakaran hutan

id kebakran hutan,kebakran lahan,berita sumsel,berita palembang,berita antara,danrem,cegak kebaran hutan

Danrem gapo terus maksimalkan pencegahan kebakaran hutan

Petugas gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumsel, Manggala Agni Daops Banyuasin, BPBD Kab Ogan Ilir, Pol PP Provinsi Sumsel, TNI dan Polri melakukan pemadaman kebakaran lahan. (ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi/dol/17)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Danrem 044/Garuda Dempo Kolonel (Inf) Iman Budiman terus berupaya memaksimalkan pencegahan dan pemadaman kebakaran hutan, kebun dan lahan supaya tidak timbul kabut asap.

Kapenrem 044/Garuda Dempo Mayor (Info) Aris Barunawan di Palembang, Sumatera Selatan, Minggu mengatakan, Danrem yang juga sebagai Dansatgas kebakaran hutan, kebun dan lahan itu rutin melaksanakan peninjauan untuk memantau perkembangan titik api.

Bukan itu saja, katanya, Danrem sekaligus membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan bila terjadi, seperti yang terjadi di wilayah Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin lalu.

Menurut dia, Danrem 044/Gapo yang didampingi Dandim 0430/Banyuasin Letkol (Arh) Alfian Amran, Danramil 430-03/Mariana Kapten (Kav) Suherman dengan menggunakan kendaraan darat dalam memadamkan titik api tersebut.

Bahkan Dansatgas tersebut langsung mengambil tindakan mengerahkan Sub Satgas Darat dengan personel perkuatan dari Yonif 141/AYJP sebanyak 30 orang, Babinsa Kodim 0430/Banyuasin dan personel dari BPBD, Manggala Agni serta masyarakat peduli api di wilayah Banyuasin.

Selain itu Sub Satgas Udara juga mengerahkan helikopter untuk melakukan bom air di tempat yang sulit dijangkau dari darat.

Pencegahan tersebut karena kabut asap dua hari terakhir sudah mulai terasa terutama di Kota Palembang.

Karena itu pencegahan secara maksimal penting agar tidak terjadi kabut asap yang lebih pekat.

Memang, lanjut dia, titik api di wilayah Banyuasin sudah mengalami penurunan setelah dilakukan patroli dan pemadaman secara terpadu dan terus melakukan sosialisasi akibat bencana kebakaran kepada masyarakat.

Dalam penanganan Karhutbunla ini, satgas telah melakukan pemetakan lokasi rawan dan sangat rawan terbakar seperti di wilayah Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Musi Banyuasin dan di wilayah Banyuasini, kata dia.

Selain itu dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan tim sub satgas penegakan hukum juga memaksimalkan pemantauan dan tindakan.