Tim BNPB tinjau lokasi Posko Karhutla Musirawas

id Kebakaran,bnpb,posko karhutla musirawas,karhutla sumsel,kebakaran lahan,kebakran hutan,pencegahan Karhutla

Tim BNPB tinjau Posko Karhutla (Dok.Penrem)

Palembang (ANTARA) - Tim dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat meninjau Posko pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di wilayah Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan untuk melihat kesiapan satuan tugas tersebut dalam menjalankan tugas.

Kunjungan ke Posko pencegahan kebakaran itu untuk melihat secara langsung kesiapan Satgas kebakaran hutan dan lahan supaya tidak timbul kabut asap, kata ketua tim BNPB Kolonel Inf Triadi di Muara Kelingi, Musirawas, Kamis.

Baca juga: Memasuki musim kemarau Pemprov Sumsel terus maksimalkan pencegahan Karhutla

Bukan hanya mengecek kesiapan personel tetapi juga masalah kelengkapan peralatan dalam pencegahan Karhutla tersebut.

Dalam pemantauan itu pihaknya juga mengajak personel Satgas untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan guna memaksimalkan pencegahan menghadapi musim kemarau 2019 ini.

"Mari bersama-sama melakukan gerakan pencegahan dan menjaga alam dari kebakaran hutan dan lahan. Kita jaga alam maka alam akan menjaga kita," katanya.

Apalagi Sumsel salah satu Provinsi yang ditetapkan darurat siaga bencana kebakaran hutan dan lahan, sehingga pemantauan tersebut sangat diperlukan.

Oleh karena itu pihaknya melaksanakan peninjauan untuk melihat kesiapan Satgas yang telah diresmikan Ketua BNPB beberapa waktu yang lalu.

Sementara itu Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0406/Mura Mayor Inf B. Hutauruk yang mendampingi Tim BNPB Pusat tersebut mengatakan, pemantauan Tim dari PNPB Pusat ke Posko untuk melakukan pengecekan secara langsung terhadap kondisi personel dan tanggung jawab Satgas serta peralatan.

“Satgas pencegahan kebakaran hutan dan lahan Posko Binjai itu beranggotakan personel dari TNI, Polri, BPBD Kabupaten, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api dan unsur terkait lainnya”, terang Kasdim.

Sebelumnya Kepala BPBD Sumsel Iriansyah mengatakan, dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumsel telah dibentuk Satgas yang dipimpin Danrem 044/Garuda Dempo Kolonel Arh Sonny Septiono.

Baca juga: Gubernur Herman Deru optimistis Sumsel bebas kabut asap
Baca juga: Polda telusuri lima perusahaan terdeteksi ada titik api
Baca juga: BNPB prakirakan titik panas karhutla masih akan bertambah
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar