Polantas tambah 4.000 personel amankan Asian Games

id Irjen Polisi Royke Lumowa,Kakorlantas Polri,keamanan Asian Games,atlet, ofisial,ofisial Asian Games,berita sumsel,berita palembang

Polantas tambah 4.000 personel amankan Asian Games

Jajaran Direktorat Polisi Lalu Lintas . (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Sebanyak 4.000 polisi lalu lintas akan ditambah untuk mengamankan lalu lintas selama Asian Games di empat wilayah yaitu Jakarta,Palembang, Banten serta Jawa Barat.

"Kami menambahkan 4.000 personel di empat wilayah tempat digelarnya Asian Games itu," ujar Kepala Korps Lalu Lintas Polisi Republik Indonesia (Kakorlantas Polri) Irjen Polisi Royke Lumowa, Jakarta,Senin.

Irjen Royke Lumowa mengatakan, selain penambahan personel, salah satu sukses untuk keamanan Asian Games yaitu sukses belajar lalu lintas.

"Pelajaran berlalu lintas itu diberikan kepada atlet, ofisial, maupun penonton," katanya.

Disinggung mengenai arus lalu lintas yang padat di Jakarta, pihaknya telah memenuhi target untuk mengantar kontingen dan ofisial Asian Games dari penginapan ke venue, maupun sebaliknya, minimal dalam waktu 35 menit.

Lalu, kebijakan yang diambil demi mencegah kemacetan, Royke menjelaskan pihaknya telah membuat tiga paket kebijakan berdasarkan instruksi pemerintah, yaitu pembatasan kendaraan pribadi, angkutan barang sumbu tiga ke atas, dan peningkatan pelayanan angkutan umum.

Sebelumnya, sistem ganjil-genap serta buka-tutup pintu tol akan diberlakukan guna mencegah kepadatan arus lalu lintas selama Asian Games.

Penindakan pelanggar sistem ini berupa tilang dengan jumlah maksimal Rp500 ribu akan berlaku tanggal 1 Agustus mendatang di Jakarta.