Sekolah bersiap gelar MPLS

id MPLS,SMA,SMA Negeri 5,Pendidikan,Siswa baru

Sekolah bersiap gelar MPLS

SMA Negeri 5 Palembang (ANTARA News Sumsel/Deny Wahyudi/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel)- Usai menerima siswa baru, sejumlah sekolah mempersiapkan dimulainya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

"SMA Negeri 5 Palembang akan menggelar MPLS untuk siswa baru bertujuan memberikan pengenalan dan pengarahan bagaimana cara pembelajaran di SMA Negri 5 Palembang," kata Kepala SMA Negeri 5 Palembang Sumin Eksan S.Pd M.M di Palembang, Sabtu.

Dia mengatakan, masa pengenalan lingkungan sekolah di laksanakan selama kurang lebih 3 hari yakni pada 20-22 Juli 2018. 

"Untuk Siswa baru yang mengikuti MPLS di SMAN 5 tercatat sebanyak 288 di bagi 10 pleton. Siswa juga akan didik oleh Ajendam II Sriwijaya Palembang," ungkapnya. 
Kepala SMA Negeri 5 Sumin Eksan S.Pd M.M (Kepala SMAN 5)k
Sementara itu sejumlah siswa SMAN 5 mengaku siap mengikuti MPLS untuk dapat beradaptasi dengan pola belajar di sekolah.

"Saya sudah siap ikut MPLS, apalagi memang SMA Negeri 5 ini memiliki standar yang sangat baik sehingga wajar banyak alumni yang bisa lolos Perguruan Tinggi Negeri favorit.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah juga dahulu dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD), merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

Masa orientasi lazim dijumpai di tingkat SMPdan SMA. Hampir seluruh sekolah negeri maupun swasta menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada peserta didik baru. 

MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. 

Pada kebanyakan sekolah, biasanya MPLS sepenuhnya dilaksanakan oleh kelompok siswa yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intrasekolah (OSIS) dengan guru sebagai pihak pengawas, asisten dan pemantau kegiatan selama MPLS berlangsung.