Tiga maskapai minta 'extra flight'

id Angkasa pura II,Bandara SMB Ii,Lion air,Citilink,Sriwijaya air

Tiga maskapai minta 'extra flight'

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Kamis (21/11). ANTARA FOTO/Feny Selly/Ang/17

Palembang (ANTARA News Sumsel) - PT Angkasa Pura II Palembang menerima pengajuan dari tiga maskapai penerbangan yakni Sriwijaya Air, Lion Air dan Citilink yang ingin menambah penerbangan atau ekstra flight di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

"Sejauh ini baru tiga airlines yang mengajukan ekstraflight yakni Lion Air, Sriwijaya Air dan Citilink masing masing mengajukan tambahan dua kali penerbangan rute Palembang-Jakarta," Kata Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bayuh Iswantoro di Palembang, Kamis. 

Dia memprediksi akan ada airlines lainnya yang mengajukan ekstraflight, biasanya untuk angkutan lebaran sekitar lima atau enam airlines yang mengajukan ekstraflight.

"Kami akan memproses bagi airlines yang ingin menambah penerbangan," kata dia. 

Menurutnya landasan dan apron Bandara SMB II masih mampu menampung 13 pesawat jenis Boeing 737-900, jika ukuran pesawat lebih kecil bahkan bisa menampung hingga 15 pesawat. 
Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bayuh Iswantoro di Palembang, Kamis (31/5/18) (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin Matondang/18)
Terkait pergerakan lonjakan penumpang di Bandara SMB II menurutnya saat ini masih belum menunjukkan lonjakan.

"Angka normal mencapai 14 ribu penumpang baik keberangkatan dan kedatangan domestik maupun internasional," kata Bayuh.

Ia menjelaskan puncak kedatangan pemudik dari luar Sumsel diprediksi mulai H-6 hingga H-1 yang diperkirakan mencapai 18-19 ribu penumpang. 

Sedangkan puncak keberangkatan terjadi mulai H+1 hingga H+6.

Terkait apel siaga arus mudik, pihaknya terus berkoordinasi dengan Instansi terkait, seperti Polri, TNI AU, Dishub, Kantor Kesehatan Pelabuhan dan instansi lainnya dalam mengamankan bandara dari hal yang tidak diinginkan.