Indonesia raih juara kedua program kerukunan antar umat beragama PBB

id kerukunan antar-umat beragama,Indonesia,berita sumsel,berita palembang,World Interfaith Harmony Week,pbb,Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa

Indonesia raih juara kedua program kerukunan antar umat beragama PBB

Dokumentasi- Kerukunan antar-umat beragama. (ANTARA)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Indonesia meraih juara kedua lomba program pekan kerukunan antar-umat beragama (World Interfaith Harmony Week -- WIHW) 2018 yang diselenggarakan atas amanat Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Dalam keterangan pers yang diterima Antara di Jakarta, Rabu, disebutkan pada Selasa (24/4) di Amman, pemenang lomba dari Indonesia, yaitu Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antar Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP) yang mengajukan program dengan tema "Rukun dan Bersatu: Kita Satu", menerima penghargaan itu dari Raja Yordania, Abdullah II bin al Hussein.

Pada tahun ini, para juri di WIHW menyeleksi 1.232 usulan program dari berbagai negara. Juara pertama diraih oleh lembaga asal Australia, Interfaith Center of Melbourne, sementara juara ketiga didapatkan oleh Interfaith Glasgow dari Inggris.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Yordania dan Negara Palestina, Andy Rachmianto, yang turut hadir pada upacara pemberian penghargaan tersebut, menyampaikan bahwa peran Indonesia dalam membina kerukunan antar umat beragama di Indonesia, saat ini sudah menjadi sorotan dunia dan penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dunia atas capaian Indonesia.

"Indonesia dan Yordania dapat menjadi model penerapan pluralisme dan toleransi agama bagi banyak negara," kata Andy.

Ia juga mengimbau para pemuka agama dan masyarakat di Indonesia untuk terus mempertahankan kerukunan yang telah terjaga dengan baik serta untuk menurunkannya kepada generasi muda dan menularkan kepada masyarakat dibelahan dunia lainnya, melalui perilaku bermasyarakat yang berdasarkan Pancasila.