Warga Tionghoa siapkan perayaan Cheng Beng

id cheng beng,persiapan cheng beng,sembahyang luluhur,pekuburan tionghoa,warga tionghoa,imlek

Warga Tionghoa siapkan perayaan Cheng Beng

Dokumen - Sejumlah warga keturunan Tionghoa melakukan ritual ziarah leluhur atau Cheng Beng di kompleks pemakaman Talang kerikil Palembang, Minggu (3/4). (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/16)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Warga keturunan Tionghoa di Palembang, Sumatera Selatan setelah merayakan Tahun Baru Imlek, sejak sepekan terakhir melakukan persiapan perayaan sembahyang leluhur mereka atau yang dikenal dengan perayaan Cheng Beng pada 30 Maret hingga 6 April 2018.

"Persiapan perayaan Ceng Beng yang dipusatkan di kawasan komplek perkuburan warga keturunan Tionghoa di kawasan Jalan Sukabangun Palembang yang dilakukan sejak sepekan terakhir telah selesai dan mulai besok hingga sepekan ke depan siap menerima kunjungan keluarga besar keturunan etnis Tionghoa dari berbagai daerah dalam dan luar negeri," kata salah seorang panitia persiapan Cheng Beng, Muslan Aliang di Palembang, Kamis.

Menurut dia, persiapan yang dilakukan seperti pembersihan dan pengecatan kuburan leluhur warga keturunan Tionghoa dan menyiapkan lapangan parkir kendaraan pengunjung.

Untuk melakukan pembersihan dan pengecatan diserahkan kepada warga sekitar komplek perkuburan tersebut sebagai wujud pemberdayaan dan memberikan rezeki kepada masyarakat setempat, katanya.

Dia menjelaskan, salah satu tradisi penting yang ada pada masyarakat etnis Tionghoa setelah Tahun Baru Imlek adalah Cheng Beng atau dalam bahasa Mandarin disebut Qing Ming.

Dalam perayaan tersebut seperti tahun-tahun sebelumnya, biasanya para etnis Tionghoa yang pergi merantau ke berbagai daerah di Tanah Air dan luar negeri akan pulang ke kampung halaman Palembang untuk melakukan ziarah ke perkuburan leluhur mereka.

Sesuai dengan tradisi tersebut, menurut Aliang, berdasarkan informasi yang masuk ke panitia pelaksanakan tradisi ziarah ke perkuburan leluhur yang biasa dilakukan setiap tahun 15 hari setelah Tahun Baru Imlek itu akan dihadiri warga keturunan Tionghoa dari berbagai provinsi bahkan dari luar negeri seperti Singapura.

"Seperti pada perayaan Cheng Beng tahun-tahun sebelumnya ratusan warga keturunan Tionghoa dari luar daerah seperti dari Bangka dan luar negeri datang ke Palembang untuk sembahyang mendoakan leluhurnya yang dikuburkan di Bumi Sriwijaya ini," ujar dia pula.