Sebanyak 402.416 pemilih potensial rekam data KTP-e

id rekam data e-ktp,pemilih potensial,pilkada,kpu,dukcapil,pemilu,ktp elektronik,ktp-e

Sebanyak  402.416 pemilih potensial rekam data KTP-e

Arsip - Warga melakukan perekaman data E-KTP di Kantor Kecamatan Ilir Barat I, Palembang, Rabu (24/8). (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/16)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan berharap pemilih potensial nonKTP-e/suket yang masuk ke form A.C.3-KWK sebanyak 402.416 orang segera melakukan perekaman data KTP elektronik.

"Kami berharap semua pemilih yang belum memiliki KTP elektronik segera melakukan perekaman data KTP elektronik, sehingga akurasi data pemilih pada Pilkada serentak 2018 ini semakin baik," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan Heny Susantih di Palembang, Kamis.

Pihaknya meminta KPU kabupaten dan kota untuk berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyangkut hal tersebut.

Pemilih yang belum memiliki KTP elektronik yang masuk ke form A.C.3-KWK sebanyak 402.416 pemilih itu tersebar di 17 kabupaten dan kota di Sumatera Selatan.

Ia mengatakan, sekarang ini KPU kabupaten dan kota sedang proses cetak data Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan menutup empat digit terakhir dengan kode bintang yang akan diumumkan ke masyarakat.

Pada 24 Maret 2018 akan diumumkan ke masyarakat DPS tersebut di website KPU kabupaten dan kota, kemudian ditempel di tempat-tempat yang mudah dilihat oleh masyarakat seperti di kantor panitia pemungutan suara di tingkat desa atau kelurahan.

DPS pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumsel 2018 yang sudah ditetapkan sebanyak 5.713.765 orang.

Sebagaimana diketahui ada empat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan yang akan bertarung pada pilkada 2018 adalah Herman Deru-Mawardi Yahya nomor urut satu yang diusung Partai Amanat Nasional, Nasdem dan Partai Hanura.

Kemudian pasangan Aswari Rivai-Irwansyah nomor urut dua diusung partai Gerindra dan PKS, pasangan Ishak Mekki-Yudha Pratomo nomor urut tiga dicalonkan Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan dan PBB.

Sementara pasangan Dodi Reza Alex-Giri Ramanda mendapat nomor urut empat yang diusung oleh Partai Golkar, PDI Perjuangan dan PKB.

Pada pilkada serentak 2018 selain pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan, juga diikuti pemilihan bupati dan wali kota disembilan kabupaten dan kota.