UPSK fisioterapi penyandang disabilitas

id penyandang cacat,penyandang disabilitas,upsk,dinas sosial sumsel,pelayanan disabilitas,fisioterapi,fisioterapi disabilitas,disabilitas,slb

UPSK fisioterapi penyandang disabilitas

Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) memberikan pelayanan kesehatan bagi penyandang disabilitas di OKU. (ANTARA News Sumsel/Edo Purmana/I016/18)

Baturaja  (ANTARA News Sumsel) - Unit Pelayanan Kesehatan Keliling Provinsi Sumatera Selatan memberikan bantuan fisioterapi kepada para warga penyandang disabilitas di Kabupaten Ogan Komering Ulu guna mendeteksi jenis kelainan yang diderita mereka.

"Kegiatan ini sifatnya bantuan fisioterapi bagi penyandang disabilitas di Ogan Komering Ulu," kata Kepala Seksi Rehabilitasi dan Pelayanan Penyandang Disabilitas Dinas Sosial Sumatera Selatan Yusri Hayani saat melaksanakan kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) di Aula Kecamatan Sosoh Buay Rayap Kabupaten OKU, Rabu.

Dia mengatakan, kegiatan yang dilakukan UPSK ini secara bergilir di seluruh kecamatan yang ada di kabupaten dan kota di Provinsi Sumsel.

"Kami menjangkau penyandang disabilitas yang ada di kecamatan karena mereka juga layak mendapat pelayanan yang sama seperti masyarakat normal lainnya termasuk dalam akses kemandirian," katanya.

Selain dilakukan fisioterapi, kata dia, para penyandang disabilitas ini diperiksa psikologi kesehatannya dengan mendeteksi sejak dini mengenai jenis disabilitasnya.

"Karena bila tunanetra atau tunarungu yag tidak sekolah bisa diarahkan untuk bersekolah ke sekolah luar biasa (SLB(," ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, lanjut dia, pihaknya menyasar pada penyandang disabilitas di Kecamatan Sosoh Buay Rayap dan Lengkiti yang berjumlah sekitar 100 orang.

"Dalam hal ini kami melibatkan tim yang berjumlah 14 orang berasal dari RS Ernaldi Bahar, RS Mata, RSMH, Dinas Sosial, dan ada pekerja sosial," ujarnya.