Tujuh warga OKU menderita kusta jalani perawatan intensif

id kusta, penyakit kusta,penderita kusta,menerita penyakit kusta,penderita kusta dirawat,warga oku menderita kusta,rumah sakit

Tujuh warga OKU menderita kusta jalani perawatan intensif

Dokumentasi - Peringatan Hari Kusta se-dunia. (Ist)

....Namun lima di antara enam orang warga Desa Lekis Rejo penderita kusta tersebut dinyatakan sembuh oleh pihak rumah sakit, sedangkan satu orang lagi meninggal dunia....
Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Sebanyak tujuh orang warga Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menderita penyakit kusta hingga terpaksa menjalani perawatan intensif di rumah sakit setempat.

"Sejauh ini tercatat sebanyak tujuh orang warga Kecamatan Lubuk Raja yang menderita penyakit kusta," kata petugas Puskesmas Lubuk Raja, Ogan Komering Ulu (OKU), Deki Saputra di Baturaja, Selasa.

Dari jumlah tersebut tercatat enam orang di antaranya merupakan warga Desa Lekis Rejo dan satu lagi adalah penduduk Desa Batuwinangun kecamatan setempat.

"Namun lima di antara enam orang warga Desa Lekis Rejo penderita kusta tersebut dinyatakan sembuh oleh pihak rumah sakit, sedangkan satu orang lagi meninggal dunia karena mengalami komplikasi atas penyakit yang dialaminya itu," kata dia.

Sementara lanjut dia, satu orang penderita kusta lagi Cindra Mulya warga Desa Batuwinangun setelah diperiksa di Puskesmas setempat namun sulit diobati sehingga terpaksa dirujuk ke rumah sakit RS Kusta di Palembang untuk penanganan secara intensif.

Kepala Desa Batuwinangun, Slamet Parida saat dikonfirmasi secara terpisah melalui telepon genggamnya mengatakan bahwa penyakit kusta yang diderita salah seorang warga desa setempat tersebut saat ini berada di Pulau Jawa.

"Warga tersebut tidak terserang penyakit kusta di sini, melainkan saat yang bersangkutan merantau ke Pulau Jawa," katanya.

Dia menjelaskan, kondisi warga penderita penyakit tersebut pada pekan lalu sudah diperiksa oleh petugas dari Dinas Kesehatan Sumsel dan hasil diagnosa menyatakan tidak bisa diobati di rumah sakit setempat sehingga dirujuk ke Palembang.

Kusta yang juga dikenal dengan nama lepra atau Hansen adalah penyakit yang menyerang kulit, sistem saraf perifer, selaput lendir pada saluran pernapasan atas, serta mata.

Kusta ini juga disebabkan oleh bakteri "Mycobacterium leprae" yang memerlukan waktu enam bulan hingga 40 tahun untuk berkembang di dalam tubuh.