TNI tebar bios 44 di lahan petani

id bios 44, tni, tebar, lahan petani, oku, korem 044,cairan penyubur

TNI tebar bios 44 di lahan petani

Personel Kodim 0403 Ogan Komering Ulu (OKU) bersama petani sebelum melakukan penebaran pupuk organik bios 44 di lahan sawah Buay Madang Kabupaten OKU Timur. (ANTARA News Sumsel/Edo Purmana/I016/18)

....Ini merupakan salah satu wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial TNI AD dan sebagai implementasi dari jati diri sebagai tentara rakyat....
Martapura (ANTARA News Sumsel) - Kodim 0403 Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menebarkan pupuk organik bios 44 di sejumlah lahan persawahan milik petani di wilayah Buay Madang Kabupaten OKU Timur.

"Bios 44 ini merupakan hasil produk TNI dari jajaran Korem 044/Gapo yang berguna membantu meningkatkan produktifitas hasil pertanian," kata Perwira Seksi (Pasi) Ops Kodim 0403 Ogan Komering Ulu (OKU) Kapten inf Arif NR di Martapura, Ibu Kota  Kabupaten OKU Timur, Kamis.

Dia mengatakan, penebaran bios 44 di atas lahan sawah padi milik petani setempat seluas lima hektare dengan melibatkan dua kelompok tani berjumlah 53 orang dan Babinsa Koramil serta pejabat daerah di wilayah itu.

Pemberian Bios 44 selain ramah lingkungan juga pupuk organik ini merupakan gabungan mikro organisme yang bila ditebarkan dilahan gambut dapat mencegah kebakaran dan jika diberikan pada lahan pertanian atau perikanan akan menjadi lebih produktif karena terjaga ekosistemnya.

Bios 44 juga merupakan alternatif mengatasi lahan gambut yang sulit jika harus digunakan sebagai area persawahan karena komoditas tanaman tidak berkembang karena kadar asamnya tinggi.

 "Dengan adanya Bios 44 ini menjadi alternatif untuk mengatasi permasalahan itu. Hal ini dilakukan sebagai upaya bersama dalan meningkatkan hasil yang maksimal untuk pengembangan produksi pertanian," jelasnya.

Selain itu, kata dia, pemberian Bios 44 pada lahan sawah pertanian dapat membantu mengatasi kesulitan petani dalam membeli pupuk untuk mengolah lahan pertanian karena terkendala biaya yang cukup mahal.

Manfaat lainnya dari pupuk ini, juga membantu menjaga ekosistem lingkungan sehingga dapat meningkatkan produktifitas hasil pertanian.

Dia mengemukakan, kegiatan penebaran Bios 44 ini merupakan upaya TNI khususnya di wilayah OKU Raya dalam membantu tugas pemerintah pusat maupun daerah dalam mengatasi berbagai kesulitan yang dihadapi masyarakat khususnya di sektor pertanian.

 "Ini merupakan salah satu wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial TNI AD dan sebagai implementasi dari jati diri sebagai tentara rakyat, tentara pejuang dan tentara profesional yang selalu manunggal dengan rakyat," ungkapnya.

Dia berharap, penebaran tersebut dapat berkelanjutan sehingga dapat membantu para petani dalam mengatasi masalah dalam pembelian pupuk yang selama ini terkendala biaya.

"Petani bisa mendapatkan Bios 44 di Koramil, Kodim dan Korem setempat secara gratis," ujarnya.