Persawahan Banyuasin dijadikan percontohan gunakan Bios 44

id Persawahan,Bios 44,Kolonel Inf Kunto Arif Wibowo,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Persawahan Banyuasin dijadikan percontohan gunakan Bios 44

Arsip- Persawahan (ANTARA News/HO)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Persawahan di Desa Gelebak Dalam, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, akan dijadikan sebagai percontohan sawah yang menggunakan cairan Bios 44.

Dandim 0430/Banyuasin Letkol Arh Alfian Amran di Banyuasin, Selasa, mengatakan, area sawah seluas 2,5 hektare akan ditanami padi yang diberi mikro organisme Bios 44 yang merupakan hasil temuan Tim Korem 044/Gapo saat itu di bawah pimpinan Kolonel Inf Kunto Arif Wibowo.

Bios 44 merupakan cairan yang mampu membuat tanah menjadi subur karena sebagai bahan yang mampu mengurai mikro organisme menjadi bahan pupuk.

Bios 44 merupakan perpaduan beberapa mikro organisme yang disatukan, yang memiliki banyak manfaat dibidang pertanian, perikanan dan bahkan bermanfaat di bidang peternakan.

Bios 44 tidak berbahaya bagi tumbuhan, hewan, maupun manusia, ujar Dandim.

Selain itu Bios 44 mampu memperkecil hingga menutupi rongga lahan gambut sehingga lahan tidak mudah terbakar, kata dia.

Oleh karena itu Bios tersebut akan dijadikan percontohan untuk tanaman padi di sawah Desa Gelebak Dalam yang diharapkan hasilnya akan semakin meningkat.

Bahkan, lanjut dia, Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono juga memerintahkan Dandim jajarannya untuk fokus melanjutkan program yang digagas pendahulunya dalam mengembangkan Bios 44 di wilayah Sumsel.

Sehubungan dengan itu pihaknya mempersiapkan penggunaan Bios 44 tersebut baik untuk persawahan maupun pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Dengan menggunakan Bios, hasil pertanian akan meningkat sekaligus biaya murah dan hasil melimpah, sudah berulang kali diujicobakan.

Menurut dia, Bios 44 bukan saja untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk pertanian, tambah Dandim.