Kodim Ogan Komering Ulu sosialisasi manfaat pupuk Bios 44

id Sosialisasi manfaat penggunaan pupuk Bios

Kodim Ogan Komering Ulu  sosialisasi manfaat pupuk Bios 44

TNI Kodim 0403/Ogan Komering Ulu menyosialisasikan manfaat penggunaan pupuk Bios 44 bagi tanaman kepada petani di Kecamatan Sinar Peninjauan. (ANTARA/HO/Kodim Ogan Komering Ulu)

Baturaja (ANTARA) - Kodim 0403/Ogan Komering Ulu menyosialisasikan manfaat penggunaan pupuk Bios 44 bagi tanaman kepada kelompok tani di Kecamatan Sinar Peninjauan.



"Untuk meningkatkan hasil pertanian di Kecamatan Sinar Peninjauan, kami menyosialisasikan pemanfaatan Bios 44 agar digunakan petani dalam bercocok tanam," kata Dandim 0403/Ogan Komering Ulu Letkol Arm Agung Widodo melalui koordinator kegiatan, Kapten Inf Liswandi di Baturaja, Kamis.



Dia mengungkapkan sosialisasi yang digelar di Kantor Pemerintah Desa Karya Jaya, Kecamatan Sinar Peninjauan tersebut, dalam rangka Pembinaan Teritorial (Binter) Terpadu Kodim 0403/Ogan Komering Ulu Tahun 2019 sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan hasil pertanian di wilayah setempat.



Melalui pengenalan pupuk organik Bios 44 tersebut, pihaknya berharap ada peningkatan hasil pertanian di wilayah Kecamatan Sinar Peninjauan.



"Kegiatan binter terpadu ini tidak hanya melakukan kegiatan fisik saja, namun TNI juga berkewajiban dan berupaya untuk memberikan pembinaan di bidang pertanian guna meningkatkan hasil panen petani," katanya.



Dalam sosialisasi tersebut, pihaknya mengundang seluruh kelompok tani yang tergabung dalam gabungan kelompok tani (gapoktan) di Kecamatan Sinar Peninjauan serta masyarakat umum lainnya.



Dia menjelaskan Bios 44 merupakan pupuk organik yang ditemukan oleh prajurit TNI dari Korem Garuda Dempo yang saat ini sudah memiliki hak paten.



"Bios 44 merupakan perpaduan beberapa mikro organisme yang disatukan. Fungsi awalnya untuk memperkecil hingga menutupi rongga-rongga yang ada pada lahan gambut dalam tempo tertentu," katanya.



Dari hasil itu, lanjut dia, kemudian dikembangkan lagi menjadi pupuk organik yang dapat membantu menyuburkan tanaman pada pertanian, perikanan, dan juga bisa mengembalikan kesuburan tanah serta sisa pertambangan lainnya.



Melalui sosialisasi penggunaan Bios 44 tersebut, ia berharap dapat digunakan oleh masyarakat dalam bercocok tanam untuk dapat meningkatkan hasil pertanian.



"Selain itu masyarakat juga bisa berinovasi dalam pertanian. Kami juga telah menyebar babinsa untuk melakukan pendampingan bagi para petani yang ada di wilayah teritorial Kodim 0403/OKU (Ogan Komering Ulu)," ujarnya.

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar