Sumsel prioritaskan penanggulangan kemiskinan

id bantuan tunai,berita palembang,berita sumsel,Penanggulangan kemiskinan,Kepala Bappeda Sumatera Selatan,Ekowati Retnaningsih

Petugas membantu proses bantuan non tunai (ANTARA Sumsel)

....menanggulangi kemiskinan Sumsel membuat program gerakan terpadu sejuta mandiri....

Palembang (Antaranews Sumsel) - Penanggulangan kemiskinan masih menjadi prioritas Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan pada 2018 melalui gerakan terpadu "Sejuta Mandiri" yang melibatkan kabupaten dan kota di daerah ini.

Kepala Bappeda Sumatera Selatan Ekowati Retnaningsih di Palembang, Rabu mengatakan, Sumsel menjadikan program itu menjadi prioritas pada 2018 karena hampir seluruh kabupaten dan kota ada penduduk miskin sehingga harus ditanggulangi secara bersama.

"Oleh karena itu Pemprov Sumsel masih menjadikan program utama penanggulangan kemiskinan pada 2018," kata dia.

Upaya untuk menanggulangi kemiskinan itu pihaknya telah membuat program gerakan terpadu sejuta mandiri yang mengikutsertakan kabupaten dan kota, ujar dia.

Program tersebut untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan dengan menggunakan basis data terpadu.

Sementara program kegiatan antara lain memaksimalkan ekonomi rumah tangga termasuk bidang pertanian. Selain itu pendekatan pembangunan yang ramah lingkungan.

Dengan adanya program tersebut diharapkan penduduk miskin semakin berkurang, kata dia.

Namun yang lebih penting lagi, kata Ekowati, perlu adanya kebersamaan dalam menanggulangi kemiskinan.

Berdasarkan data hingga Maret 2017 presentase tingkat kemiskinan tertinggi berada di Kabupaten Musirawas Utara mencapai 19,49 persen, kemudian Lahat 16,81 persen.

Sementara presentase penduduk miskin terendah Kota Pagaralam tercatat 8,89 persen dan diatasnya Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, 10,98 persen.

Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar