Mendiknas: Kembalikan konsep-semangat KI Hajar Dewantara

id Muhajir Efendi, pendidikan, Menteri pendidikan, Ki Hajar Dewantara, konsep pendidikan, mendidik

Mendiknas: Kembalikan konsep-semangat KI Hajar Dewantara

Ilustrasi (ANTARA)

Kolaka (Antarasumsel.com) - Menteri pendidikan Nasional Muhajir Efendi menginginkan kembali konsep yang ditanamkan Ki Hajar Dewantara yakni semangat bahwa sekolah harus menjadi tempat belajar yang menyenangkan dan mendidik sebagai sebuah kebahagiaan.

Hal itu diungkapkan Bupati Kolaka Ahmad Safei, Selasa, di Kolaka,  saat membacakan sambutan Mendiknas pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di daerah itu dan diikuti seluruh pegawai dan guru.

Ikhtiar besar pendidikan kita, lanjut Safei, akan terwujud apabila semua terus bekerja dan membuka lebar partisipasi masyarakat untuk aktif dalam dunia pendidikan.

"Kita harus mengubah perspektif bahwa pendidikan bukan hanya milik kedinasan di pemerintahan," katanya.

Pendidikan, menjadi tanggung jawab bersama dengan melibatkan semua komponen baik guru, orang tua, serta pemangku kepentingan lainnya untuk mengembangkan potensi anak didik menjadi manusia yang beriman.

Untuk menumbuhkan potensi anak seperti itu lanjut Mendiknas memerlukan karakteristik pendidik dan suasana pendidikan yang tepat sehingga Hardiknas hari ini mengingatkan kembali tentang karakteristik pendidik dan suasana pendidikan.

"Ki Hajar Dewantara menyebut sekolah dengan istilah Taman sehingga belajar merupakan tempat yang menyenangkan," jelas Safei.

Usai membacakan sambutan Mendiknas, Ahmad Safei memberikan cinderamata kepada beberapa guru yang dinilai berjasa dan berprestasi di daerah itu.