Bupati Lampung timur imbau warga waspada banjir

id Chusnunia Chalim, Bupati Lampung, warga daerah, bencana banjir, hujan, siaga satu

Bupati Lampung timur imbau warga waspada banjir

Chusnunia Chalim. (Ist)

Lampung Timur (Antarasumsel.com) - Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim mengimbau warga daerah ini untuk mewaspadai bencana banjir mengingat hujan di daerah ini masih terus turun dengan intensitas yang cukup tinggi.

"Tolong ibu-ibu tetap mewaspadai banjir karena minggu lalu terjadi banjir di sebagian wilayah Lampung Timur," ujar Bupati Chusnunia Chalim saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan Labuhan Maringgai di Desa Karang Anyar, Rabu.

Pemerintah Kabupaten Lampung Timur telah menetapkan siaga satu usai terjadi banjir Senin (20/2) malam lalu telah merendam ribuan hektare sawah dan merendam pula ratusan rumah warga di sejumlah wilayah Lampung Timur.

Menurut Bupati, status siaga satu itu tidak akan dicabut hingga Lampung Timur dinilai aman dari banjir.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menyampaikan peringatan dini agar mewaspadai hujan lebat disertai angin kencang dan kilat atau petir diprakirakan terjadi pada sejumlah daerah di Provinsi Lampung pada Selasa hingga Rabu (1/3) pagi.

Menurut BMKG Lampung seperti disampaikan petugas "forecaster on duty" Stasiun Meteorologi Radin Inten II Lampung di Bandarlampung, Selasa, kewaspadaan potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat/petir itu diprakirakan dapat terjadi di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung Barat, Tanggamus, Tulangbawang, Mesuji, Tulangbawang Barat, Lampung Tengah, dan Lampung Timur pada malam hari.

Secara terpisah, Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Lampung Timur Edy Siswanto menyebutkan data terakhir pihaknya mencatat akibat banjir sebanyak 122 rumah di Kecamatan Sukadana terendam banjir, Kecamatan Bumi Agung 52 rumah, Kecamatan Marga Sekampung 219 rumah dan Kecamatan Jabung 534 rumah.