Potensi perikanan perairan umum Musi Banyuasin besar

id perikanan, potensi ikan, Kabupaten Musi Banyuasin, sumberdaya perikanan,

Potensi perikanan perairan umum Musi Banyuasin besar

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Musi Banyuasin, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan memiliki potensi sumberdaya perikanan perairan umum daratan yang cukup besar.

"Kabupaten dengan luas 14.263,40 KM2 mempunyai potensi sumberdaya perikanan yang cukup besar seperti perairan umum sungai, danau, dan rawa," kata Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Ibnu Saad, di Sekayu, Jumat.

Menurut dia, khusus aliran sungai, kabupaten ini dialiri tujuh sungai besar di antaranya Sungai Musi, Sungai Batang Hari Leko, dan Sungai Lalan dengan panjang keseluruhan mencapai 637,6 KM.

Ditambah dengan anak-anak sungai yang panjangnya mencapai 3.362 KM sehingga total panjangnya sekitar 4.000 KM.

Sedangkan potensi luas rawa-rawa mencapai 206.946 hektare, serta luas lahan pasang surut mencapai 86.740 hektare, katanya.

Dia menjelaskan, selain dianugerahi Allah SWT perairan umum yang luas, Bumi Serasan Sekate ini juga dianugerahi kekayaan jenis ikan yang memiliki nilai ekonomis tinggi sebagai bahan pangan.

Kekayaan jenis ikan yang dimiliki kabupaten ini antara lain ikan betutu, lais, lampam, toman, seluang, baung, dan ikan pating jambal.

Kemudian memiliki beberapa komoditi ikan hias lokal seperti ikan botia/kecublang yang dua tahun terakhir mulai diekspor ke sejumlah negara di Eropa, puntung anyut, elang, sumpit, belida, dan ikan arwana, ujarnya.

Sumberdaya perikanan yang cukup besar itu secara bertahap akan dikelola secara profesional sehingga dapat memberi manfaat yang besar bagi pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat kabupaten ini, kata dia pula.