Disperindag pastikan tidak ada pembagian timbangan gratis

id Disperindagkop ukm, timbangan, dharmawan arianto,

Disperindag pastikan tidak ada pembagian timbangan gratis

Ilustrasi - Timbangan pedagang (FOTO ANTARA)

Baturaja, (ANTARA Sumsel) - Dinas Perindustrian Perdagangan Koprasi dan UKM Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, memastikan pada 2016 tidak ada pembagian timbangan gratis untuk para pedagang di wilayah itu.

"Tahun ini kami tidak membagikan timbangan atau alat takar gratis untuk pedagang di pasar," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koprasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Ogan Komering Ulu (OKU) Dharmawan Arianto melalui Kepala UPTD Metrologi Harsudin di Baturaja, Selasa.

Ia mengatakan, pihaknya memastikan tidak ada lagi pembagian timbangan standar secara gratis yang akan diberikan kepada pedagang di wilayah itu, pedagang masih memakai alat menimbang berbahan plastik.

Harsudin mengemukakan, selama dua tahun yaitu pada 2013-2014, Metrologi Provinsi Sumsel membagikan 200 unit timbangan standar secara gratis untuk para pedagang di Pasar Lubuk Raja dan Peninjauan OKU.

"Pedagang masih menggunakan timbangan plastik. Jadi kami pastikan tahun ini tidak ada lagi pembagian timbangan gratis," tegasnya.

Ia menjelaskan, tujuan pemerintah membagikan timbangan supaya para pedagang menggunakan alat menimbang yang sesuai dengan standar perdagangan.

Sebab, kalau timbangan plastik, selain tidak pas, juga hanya digunakan untuk menimbang jenis makanan, bukan berniaga barang dagangan lainnya.

"Fungsi timbangan plastik sudah jelas dituliskan produsen diproduknya untuk menimbang kue, tapi pedagang tidak mengikuti aturan," jelasnya.

Menurut dia, sudah melakukan tera ulang timbangan para pedagang wilayah itu dan memberikan teguran bagi yang melanggar aturan.