Stok darah PMI Palembang mencukupi

id anton suwindro, stok darah pmi mencukupi

Stok darah PMI Palembang mencukupi

Direktur Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD-PMI) Kota Palembang Anton Suwindro (Foto Antarasumsel.com/13/Nila Fuadi/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Stok darah pada Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Cabang Palembang sampai pergantian tahun 2013-2014 dipastikan aman yang tersimpan lebih dari 200 kantong.

Direktur Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD-PMI) Kota Palembang Anton Suwindro, Jumat mengatakan pihaknya optimistis kebutuhan darah berbagai golongan sampai awal tahun cukup.

Stok yang tersimpan mencapai 200 kantong dengan bermacam golongan A, B, AB dan O, katanya.

Menurut dia, kebutuhan darah di Kota Palembang kisaran 70 kantong per hari.

Dengan demikian stok tersebut diharapkan mampu memenuhi kebutuhan darah sampai beberapa hari.

Ia mengatakan, menjelang akhir tahun ini kegiatan donor darah masal cenderung mengalami peningkatan.

"Hari ini saja, ada dua kegiatan donor darah yang dilakukan karyawan Bank Indonesia dan PT Dexa," katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya juga terus menyosialisasikan pentingnya mendonorkan darah untuk menjaga kesehatan.

Selain itu, donor darah juga menjadi salah satu upaya meningkatkan kepedulian sosial terhadap masyarakat yang membutuhkan sesuai dengan moto "setetes darah yang disumbangkan untuk menyelamatkan manusia".

Anton yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan Palembang itu mengatakan, tren mendonorkan darah secara sukarela kini terus meningkat.

Terbukti hampir setiap bulan kecuali Ramadhan sepanjang tahun dilaksanakan kegiatan donor darah dari berbagai instansi pemerintah maupun swasta.

Sementara, untuk memenuhi kebutuhan darah bagi pasien yang akan menjalani operasi pada sejumlah rumah sakit di Kota Palembang, selain melalui donor darah sukarela, juga donor pengganti yang biasanya diambil dari keluarga pasien itu sendiri, katanya.