Palembang (ANTARA) - Perusahaan hutan tanam industri (HTI) mitra pemasok APP Sinar Mas mengelar “Liga Fire” yang diikuti anggota Regu Pemadam Kebakaran di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, 24-28 Januari 2022.

Kegiatan yang digagas PT Bumi Mekar Hijau (BMH), PT Bumi Andalas Permai (BAP) dan PT Sebangun Bumi Andalas Wood Industries (SBA WI) dilaksanakan di lokasi Fire Base Sungai Baung.

Fire Operation Management Head APP Sinar Mas Region OKI Mares Prabadi, Sabtu, mengatakan Liga Fire tahun 2022 ini menjadi yang ketiga untuk menguji coba kesiapsiagaan, kemampuan, daya tahan fisik dan kerja sama para personel RPK dalam menghadapi musim kemarau.

Sebanyak 80 personel RPK yang terbagi dalam 16 tim berlaga mengikuti berbagai perlombaan dalam Liga Fire ini untuk memperebutkan piala bergilir dan sejumlah hadiah lainnya.

Jenis perlombaan beragam, diantaranya halang rintang untuk membentuk kerja sama dan kekuatan tim, uji kemampuan akademis bidang kebakaran, pertandingan pemadaman kebakaran.

Kemudian, pertandingan kecepatan pemetaan dan respon cepat ke lokasi kebakaran, lari estafet dengan membawa beban dan menyelesaikan misi di tiap area, penilaian gudang RPK terbaik dan lomba senam selang kreatif beregu.

"Selain Liga Fire ini, perusahaan juga fokus menyiapkan sarana dan prasarana pencegahan dan penanggulangan karhutla," kata dia.

Pemenang

Setelah melalui berbagai perlombaan dalam turnamen ini, RPK dari Distrik Simpang Heran PT BAP berhasil sebagai juara umum Liga Fire tahun 2022.
  Dandim 0402 OKI-OI Letkol (Inf) Hendra Saputra berfoto bersama pemenang Liga Fire 2022 di lokasi Fire Base Sungai Baung, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Jumat (28/1/22) . (ANTARA/HO)

Mewakili tim pemenang, Robertus Sardin mengatakan dirinya bangga timnya bisa memenangkan kompetisi pada tahun ini.

“Belajar dari kegagalan kami sebelumnya sehingga kami termotivasi untuk menang. Persiapan tahun ini pun lebih matang,” kata dia.

Dandim 0402 OKI-OI Letkol (Inf) Hendra Saputra mengatakan kegiatan Liga Fire ini perlu dilakukan secara rutin untuk melatih kesiapsiagaan RPK.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh perusahaan mitra APP Sinar Mas di OKI ini. Saat ini (musim penghujan) sangat tepat digunakan untuk mempersiapkan anggota RPK agar saat diterjunkan pada musim kemarau sudah siap,” kata dia saat menyerahkan hadiah ke pemenang Liga Fire.

Pada kesempatan itu, Dandim juga mengecek kesiapan perusahaan dalam mengantisipasi karhutla.

“Saya melihat semua sudah siap seperti sarana dan prasarana monitoring, personel, hingga pelatihan bagi RPK yang diharapkan nantinya dapat bekerja sesuai SOP,” kata dia.


 

Pewarta : Dolly Rosana
Editor : Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024