Sukses bermitra dengan PT Bumi Andalas Permai, petani OKI raih penghargaan

id petani oki,sinar mas,bumi andalas permai,mitra petani,perusahaan hti,bumdes,pt bap

Sukses bermitra dengan PT Bumi Andalas Permai, petani OKI raih penghargaan

Supriyadi terima Penghargaan. (HO-PT Bumi Andalas Permai/Ang/I016/21)

Supriyadi melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Sejahtera Bersama dan sebagai petani Desa Simpang Heran Kecamatan Air Sugihan ini sukses menjadi mitra kerja dalam kegiatan operasional PT BAP sehingga ia mendapat penghargaan sebagai Pengelola BUMDES
Palembang (ANTARA) - Perusahaan Hutan Tanaman Industri  PT Bumi Andalas Permai yang memiliki areal operasi di Kecamatan Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan terus berusaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa sekitar perusahaan melalui berbagai kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan atau Corporate Social Responsibilty (CSR) dan program kegiatan pola kemitraan masyarakat.

Salah seorang petani yang bermitra dengan PT Bumi Andalas Permas (BAP), Supriyadi melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Sejahtera Bersama. Petani Desa Simpang Heran Kecamatan Air Sugihan ini sukses menjadi mitra kerja dalam kegiatan operasional PT BAP sehingga ia mendapat penghargaan sebagai Pengelola BUMDES Inovatif tahun 2021 dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan pada 20 Desember 2021.

Supriyadi (42) berasal dari Banyuwangi Jawa Timur, menjadi warga Desa Simpang Heran sejak tahun 1980 melalui program transmigran mengikuti orang tuanya. Berkat kepiawaiannya dalam bermasyarakat, dia mendapatkan kepercayaan dari komunitas masyarakat sebagai tokoh pemuda di desanya.

Baca juga: Petani OKI binaan PT Bumi Andalas Permai buka lahan tanpa bakar, mulai tertarik terapkan sistem pertanian organik
"Sebagai tokoh pemuda saya ingin meningkatkan taraf hidup warga di desa ini. Dengan adanya program kesejahteraan masyarakat yang digulirkan oleh PT BAP, saya melihat sebuah peluang besar untuk ikut berkontribusi menjadi mitra kerja PT BAP dalam kegiatan operasionalnya,” ujarnya.

Dengan dukungan dari PT BAP pada tahun 2018, ia mendirikan BUMDES Sejahtera Bersama. Sebagai pengelola Supriyadi  memilih BUMDES ini sebagai wadah untuk bekerja sama menjadi mitra kerja PT BAP. Selain BUMDES mendapat pendapatan dari setiap kegiatan yang diambil, menggunakan Bumdes akan lebih mudah mengajak masyarakat terlibat karena BUMDES ini sudah familiar bagi warga desa.

Pada 2021, ia mengajak beberapa warga desa sebagai tenaga kerja di BUMDES yang akan melaksanakan pekerjaan penanaman dan perawatan pada areal PT BAP. Supriyadi juga melakukan pengawasan langsung di lapangan agar hasil pekerjaan sesuai harapan.

Baca juga: Bumi Andalas Permai bantu pemberdayaan ekonomi warga OKI, serahkan 145 ekor kambing
Sampai Saat ini, Supriyadi telah memiliki tenaga kerja sebanyak 57 orang yang sebagian besar dari masyarakat desa di Kecamatan Air Sugihan, antara lain Desa Banyu Biru, Pangkalan Sakti, Rengas Abang, Srijaya Baru, Mukti Jaya, Kerta Mukti, Nusakarta, dan juga wilayah sekitar lainnya termasuk dari kabupaten Banyuasin.

“Alhamdulillah tenaga kerja yang tergabung di BUMDES banyak sekali mengalami kemajuan, sekarang bisa membeli sepeda motor yang selama ini tidak mereka miliki, ada juga yang belum memiliki rumah, sekarang sudah mulai dapat mencicil membangun pondasi rumahnya. Terimakasih kepada PT BAP atas dukungan dan kerjasamanya selama ini,” katanya.

Sosial & Security Head PT BAP, Tunggul Wachidin menjelaskan selama tahun 2021, Supriyadi dan tenaga kerja BUMDES Sejahtera Bersama berhasil  menyelesaikan dengan baik sekitar 5.281 Hektare kegiatan tanam dan perawatan di areal PT BAP.

“Kami berharap kegigihan dan kesuksesan Supriyadi dapat diikuti oleh warga desa sekitar operasi perusahaan.  Tentu saja pola kerja sama ini sudah selaras dengan salah satu tujuan dari perusahaan, dimana dengan keberadaan PT BAP dapat meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat sekitar,” ujar Tunggul.
(Rel/D019/I016)
Baca juga: PT BAP optimalkan SDM dan sarana prasarana antisipasi karhutla