KPU Palembang sosialisasi Pemilu ke Gen Z di 32 SMA

id KPU Palembang,Pemilu Palembang,Gen Z Palembang

KPU Palembang sosialisasi Pemilu ke Gen Z  di 32 SMA

Ketua KPU Palembang Syawaludin. (ANTARA/ M Imam Pramana)

Palembang (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, Sumatera Selatan melakukan sosialisasi pemilihan umum (Pemilu) ke para Generasi(Gen Z) di 32 SMA di kota itu.
 
"Kami sudah memenuhi permintaan sosialisasi dari 32 SMA di Kota Palembang terkait Pemilu dan masih banyak permintaan datang dari adik- adik kita," kata Ketua KPU Palembang Syawaludin di Palembang, Senin.

Dia mengatakan melihat animo yang tinggi tentang Pemilu sampai Pilkada pertanda saat ini para Gen Z di Palembang sudah melek politik karena selalu setiap minggu mengirimkan undangan untuk KPU menjadi narasumber materi tentang Pilkada.

Itu berarti Gen Z yang mayoritas merupakan pemilih pemula sudah mulai menyadari bahwa demokrasi dan Pemilu merupakan hal penting yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

"Baik Pemilu maupun Pilkada merupakan ajang untuk menentukan siapa pemimpin yang akan menjabat selama lima tahun berikutnya. Oleh karena itu para pemilih harus lebih siap dalam menentukan suaranya," katanya.

Ia menambahkan tingkat partisipasi Gen Z mencakup sebanyak 38 persen suara di Kota Palembang jumlah tersebut mengalami peningkatan dari Pemilu Presiden 2024 lalu yang berjumlah 36 persen.

Dari total daftar pemilih tetap (DPT) Kota Palembang yang berjumlah 1.241.196 orang, Gen Z mencakup sekitar 470 ribu suara atau sekitar 38 persen, sedangkan milenial ada sekitar 35 persen.