Pasangan Panca/Ardani di OI besar kemungkinan lawan bumbung kosong

id ogan ilir, pilkada 2024, pilkada serentak

Pasangan Panca/Ardani di OI besar kemungkinan lawan bumbung kosong

Bakal Calon Bupati Ogan Ilir Putra Wijaya Akbar/H Ardani saat mendaftar Pilkada 2024 ke KPU Ogan Olir di Indralaya, Rabu (28/8/2024). (ANTARA/HO/Insta-KPU OI)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selaran menerima pendaftaran bakal calon bupati/wakil bupati daerah itu H Panca Wijaya Akbar dan H Ardani yang didukung 17 partai politik.

"Ya hari ini kami menerima pendaftaran peserta Pilkada 2024 pasangan Bapak Panca Wijaya Akbar dan Bapak H Ardani, semua tahapan pendaftaran selesai dan hasil pengecekan dokumen persyaratan sudah lengkap," kata Ketua KPU Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan Masjidah di Gedung KPU Ogan Ilir di Indralaya, Rabu (28/8/2024).

Pasangan Panca Wijaya Akbar/ H Ardani yang juga petahana itu pada pagi hari melakukan deklarasi pencalonan dan dukungan dari 17 partai politik. Dengan kondisi tersebut maka dipastikan pasangan itu akan melawan 'kotak kosong' alias tidak ada lawan. Selain itu tidak ada calon independen yang masuk.

Meski demikian, KPU Ogan Ilir tetap membuka kesempatan pendaftaran hingga Kamis (19/8/2024) pukul 23.00 WIB sesuai dengan batas waktu sesuai dengan regulasi Pilkada.

Kemungkinan menjadi satu-satunya pendaftar Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Ogan Ilir, itu juga tidak adanya pihak yang mengajukan jadwal untuk pendaftaran di hari berikutnya.

Sementara itu Ketua KPU Ogan Ilir Masjidah menyambut pasangan Panca Wijaya Akbar/H Ardani yang datang ke kantor KPU yang kemudian memasangkan kain berwarna putih kepada pasangan itu sebagai ucapan selamat datang.

Semua berjalan tertib, pasangan itu mengisi buku tamu, yang diikuti oleh perwakilan dari belasan partai politik pengusungnya. Pendaftaran diterima oleh Tim KPU Bidang Pendaftaran yang kemudian dilakukan pemeriksaan berkas yang juga dihadiri oleh Bawaslu Ogan Ilir.

"Berdasarkan informasi dari tim teknis penyelenggaraan, melalui Silon, dokumen syarat pencalonan dan syarat calon dinyatakan lengkap. Selanjutnya akan mengikuti pemeriksaan kesehatan di RSUP Muhammad Hoesin Palembang," kata Masjidah.

Sementara itu Bakal Calon Bupati OI Panca Wijaya Akbar yang juga putra dari bakal calon Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya menyampaikan terima kasih kepada KPU dan Bawaslu OI serta jajaran partai politik pendukungnya yang telah memberikan spirit untuk pencalonannya.

"Terima kasih semuanya, dan kepada tim kami meminta maaf sebelumnya bisa dalam dinamika pencalonan nanti ada yang kurang pas dan miskomunikasi, saya di awal memohon maaf," kata Panca.

Pasangan Panca/Ardani diusung seluruh partai di OI yakni PPP, PKS, Golkar, PDIP, Demokrat, Nasdem, Gerindra, PKB, PAN, Hanura,Perindo, Garuda, PBB, PSI, Gelora dan Partai Buruh.