Tekan stunting, Dikbud Muba gelar bimtek pendidikan kapasitas PAUD HI

id Sumsel, sekayu muba, guru paud

Tekan stunting, Dikbud Muba gelar bimtek pendidikan kapasitas PAUD HI

Ratusan guru PAUD di Musi Banyuasin antusias mengikuti Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) tahun 2024 di Auditorium Pemkab Muba, Selasa (20/08/2024). (ANTARA/HO/Diskominfo)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Ratusan guru PAUD di Musi Banyuasin antusias mengikuti Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) tahun 2024 di Auditorium Pemkab Muba, Selasa (20/08/2024).

Bimtek ini dibuka secara langsung oleh Bunda PAUD Muba Hj Triana Sandi Fahlepi didampingi kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba Iskandar Syahrianto.

Bunda PAUD Muba mengatakan bahwa PAUD Holistik Integratif ini merupakan upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan essensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis dan terintegrasi.

Bimbingan Teknis ini merupakan langkah penting dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di Kabupaten Musi Banyuasin. Program PAUD Holistik Integratif yang akan dibahas dan pelajari hari ini bertujuan untuk memberikan pendekatan yang lebih menyeluruh dalam pembelajaran dan pengasuhan anak, mencakup berbagai aspek perkembangan mereka, baik fisik, emosional, sosial, maupun kognitif.

Ia juga menyampaikan apresiasi atas kehadiran dan partisipasi peserta, terutama para guru PAUD dari desa-desa terpencil yang telah hadir hari ini. Menurutnya, kehadiran peserta tersebut menunjukkan komitmen yang tinggi terhadap peningkatan kualitas pendidikan PAUD di wilayah Muba.

Triana juga berharap agar kegiatan Bimtek ini dapat berjalan dengan lancar, dan memberikan banyak manfaat, dan menjadi wahana bagi semua untuk saling bertukar pengalaman dan pengetahuan. Ia mengajak untuk manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas layanan PAUD di Kabupaten Musi Banyuasin.

"Kami sangat mendukung. Semoga dengan adanya Bimbingan Teknis ini, kita dapat bersama-sama menyerap ilmu dan pengalaman yang akan dibagikan oleh para pemateri dan pelatih, serta menerapkannya dalam praktik di masing-masing satuan pendidikan bapak ibu,"tandasnya.

Sementara Kepala Disdikbud Muba H Iskandar Syahrianto dalam sambutannya melaporkan bahwa jumlah TK dan PAUD di ada sebanyak 500.

Iskandar juga menyampaikan tujuan dari Bimtek ini adalah untuk memperluas dan meningkatkan akses serta mutu layanan PAUD di Kabupaten Muba, sehingga dapat terpantau secara terpadu, holistik dan integratif.