Driver online Sumsel ajak warga tak termakan hoax terkait Pilkada

id sumsel,palembang,deklarasi damai,pilkada 2024,ado sumsel

Driver online Sumsel ajak warga tak termakan hoax terkait Pilkada

Kegiatan Deklarasi Damai Pilkada 2024 yang diselenggarakan Asosiasi Driver Online (ADO) Sumatera Selatan di Palembang, Sumsel, Rabu (31/7/2024). ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri

Palembang (ANTARA) - Asosiasi Driver Online (ADO) Provinsi Sumatera Selatan mendeklarasikan damai pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ketua ADO Sumsel Asrul Indrawan di Palembang, Rabu, mengatakan bahwa deklarasi tersebut sebagai bentuk penegasan ADO Sumsel menjaga komitmennya menciptakan pilkada damai, sejuk, dan aman.

Dikatakan pula bahwa deklarasi ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan terhadap potensi dampak negatif kerusuhan terhadap pengemudi ojek daring (online).

"Pilkada yang aman dan damai akan memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat, termasuk kami para driver ojol. Kami ingin beraktivitas sehari-hari dengan tenang tanpa gangguan," jelasnya.

Selain deklarasi, ADO Sumsel juga mengajak seluruh pihak untuk berpolitik secara santun, rasional, dan mengedepankan kepentingan bersama.

"Mari hindari penyebaran berita bohong atau hoaks yang dapat memicu perpecahan. Politik yang sehat akan melahirkan pemimpin yang berkualitas dan membawa perubahan positif bagi Sumsel," kata Asrul.

Kepala Dinas Perhubungan Ari Narsa mengapresiasi kegiatan tersebut sekaligus berharap ADO Sumsel menjadi pelopor menciptakan iklim kondusif selama pelaksanaan Pilkada 2024.

"Kami berharap rekan-rekan ADO ini menjadi pelopor untuk menciptakan pilkada damai di Kota Palembang dan terkhusus di Sumsel," kata dia.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumsel Andika Pranata Jaya mengatakan bahwa pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota yang damai memang jadi tujuan bersama.

Oleh karena itu, peran warga yang ajak warga lain untuk ikut ciptakan suasana pemilihan damai patut diberi apresiasi.

"Kesadaran tidak boleh mudah dipecah belah, termakan hoaks, dan ingin pemilihan berlangsung aman dan damai patut disyukuri karena muncul dari warga itu sendiri," kata dia.