Tahapan pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat proses pelepasan kawasan hutan

id sumsel,palembang,tanjung carat,pemprov sumsel

Tahapan pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat proses pelepasan kawasan hutan

Penjabat Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Elen Setiadi saat diwawancarai di Palembang, Kamis (4/7/2024). (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Elen Setiadi menyebutkan pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat, Banyuasin sedang proses pelepasan kawasan hutan di area pembangunan itu.

"Untuk pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat ini sedang proses pelepasan kawasan hutan di area itu. Oleh sebab itu, kami meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mempercepat proses tersebut," kata Elen saat diwawancarai di Palembang, Kamis.

Ia mengatakan saat ini Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub juga sedang menentukan model kerjasama untuk pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat.

"Kami juga meminta Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub terkait kerjasama model sistem apa yang akan digunakan, apakah KPBU, atau KPS atau lainnya, dalam pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat. Hal ini sudah disampaikan, namun pihak Kemenhub meminta waktu dalam satu bulan untuk menetapkan model kerjasamanya," ujarnya.

Elen berharap peletakan batu pertama pembangunan (groundbreaking) Pelabuhan Tanjung Carat itu dapat dilakukan pada tahun ini.

"Kami mengingingkan pada tahun ini Pelabuhan Tanjung Carat dapat groundbreaking," kata dia.

Sementara itu, Staf Khusus Bidang Percepatan Pembangunan Wilayah, Pembangunan Infrastruktur dan Investasi Kemenko Perekonomian RI Wahyu Utomo menambahkan saat ini untuk pelabuhan pengangkutan barang di Sumsel adalah Pelabuhan Boom Baru.

"Pelabuhan Boom Baru adalah pelabuhan sungai itu ada batasannya mulai dari sedimentasi, jumlah kapal yang masuk dan lain-lain. Jadi kita berpikira seharusnya dibutuhkan pelabuhan laut seperti yang ada di Tanjung Carat. Sehingga, kami juga mengupayakan pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat dapat direalisasikan," katanya.

Ia mengatakan pada area pendukung Pelabuhan Tanjung Cara masih terdapat beberapa kendala. Oleh sebab itu, kendala tersebut harus segera diselesaikan pada tahun ini juga.

"Kami meminta kendala dalam pembangunan ini segera diselesaikan pada tahun ini dan juga dana kerohiman maupun penanganan dampak akibat pembangunan kepentingan umum. Mudah-mudahan Pelabuhan Tanjung Carat tahun ini bisa dibangun," kata Wahyu.