Cara membersihkan dan menyetel karburator motor

id cara perbaiki karburator, karburator motor, stel karburator, mesin motor

Cara membersihkan dan menyetel karburator motor

Karburator sepeda motor. (ANTARA/HO)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Karburator merupakan bagian penting dari sebuah kinerja mesin motor, karena menyangkut ornamen yang menentukan pengaturan ruang bakar mesin.

Penyetelan karburator harus dilakukan harmonis dan tepat antara tempat pembakaran udara, api busi serta semburan bahan bakar.

Bila karburator sudah kotor atau stelannya tidak pas, maka berpengaruh kepada laju kendaraan seperti kurang tenaga, laju mesin yang tersendat-sendat, mesin susah dihidupkan dan bahkan bisa  mengakibatkan kendaraan mogok atau tidak mau hidup saat distarter atau diengkol.

Cara kerja karburator hampir sama, khususnya untuk empat tak. hanya letaknya yang berbeda.

Mengurus karburator sendiri sangat memungkinkan karena letaknya bisa dijangkau dan tak perlu alat khusus . Cukup dengan kuas cat kecil, bensin/pertalite/pertamak, kunci ukuran 10 atau 11 dan obeng kembang.

Cara membersihkan :
1. Buka dua baut dari maniful atau uang menghubungkan karburator dengan mesin.
2. Buka  baut mur dengan obeng kembang.
3. Pisahkan antara karbu dengan piringan mangkok bawah, karet isolatif jangan hilang.
4. Buka hati-hati pelampungnya berikut jarumnya-jarum spooyernya.
5. Kemudian tumpahkan bagian mangkok, bilas dengan menggunakan bensin/pertalite/pertamak engan kuas.
6. Bersihkan dan semprot dengan udara ditiup dengan mulut atau pakai pompa kompresor agar kotoran hilang.
7. Kemudian rangkai kembali satu-persatu bagian karburator sesuai tempatnya, kemudian pasang baut mangkok dan karburator, selanjutnya pasangkan.


Cara stel karburator
1. Skrup motor di pinggir distel. Ada dua skrup di karburator satu untuk stelan bawah tali gas, dan skrup kedua untuk stelan angin (Biasanya dikencangkan habis, kemudian dilonggarkan tiga putaran tangan).
2. Hidupkan mesin motor
3. Bila mesin motor suaranya tidak normal atau brebetan, maka harus distel. Skrup diputar ke searah jarum jam agar kutub gas lebih terbuka dan tekanan RPM meninggi sehingga semburan BBM pas.
4. Stelan angin bila tiga putaran tangan belum pas, maka kencangkan lagi hingga mencapai titik RPM pas.
5. Stelan gas selain dilakukan di bagian atas kabel gas, juga bisa dilakukan dari skrup di karburator. Mesin dalam kondisi hidup kemudian  putar skrup ke arah jarum jam, sehingga mesin meniggi. Selanjutnya dikendurkan hingga mencapai titik paling bawah atau langsam. Bila setingan pas maka tandanya motor bisa dihidupkan atau distater satu kali engkol alias 'cek gur" kata orang Sunda.
6. Bila tidak bisa distel, bawalah ke bengkel khusus karburator atau bila kondisinya sudah parah ganti dengan karburator baru.