Sejumlah TPU di Palembang dikunjungi peziarah

id TPU Palembang,Ramadhan di Palembang,Ziarah di Palembang

Sejumlah TPU di Palembang  dikunjungi peziarah

Sejumlah peziarah di kawasan Naga Swidak, Kecamatan Seberang Ulu II, Palembang, Sumatera Selatan, Ahad (10/3/2024). (ANTARA/ M IMAM PRAMANA)

Palembang (ANTARA) -
Sejumlah tempat pemakaman umum (TPU) di Kota Palembang, Sumatera Selatan dikunjungi peziarah menjelang bulan suci Ramadhan 1445 H/2024.
 
Menurut warga, tradisi berziarah sudah menjadi kebiasaan setiap tahun di Kota Palembang untuk melepas rindu bersama keluarga yang telah meninggal dunia.
 
Menurut Imron, warga yang ditemui di kawasan TPU Naga Swidak Kecamatan Seberang Ulu ll, Kota Palembang, mengatakan setiap tahun mereka melepas rindu bersama keluarga dan mendoakan, dengan ia mengajak anak-anak dan juga keluarga untuk berziarah.
 
Sementara itu, permintaan bunga tabur di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), meningkat menjelang Ramadhan 1445/ 2024, karena warga kota setempat biasa berziarah untuk menyambut bulan suci tersebut.
 
Sejumlah pedagang bunga tabur menjelaskan sama seperti tahun-tahun sebelumnya menjelang Ramadhan permintaan bunga tabur meningkat drastis dari hari biasanya.
 
Menurut Kuyung, salah seorang pedagang bunga tabur di kawasan Naga Swidak, Kecamatan Seberang Ulu l, Kota Palembang, Sumatera Selatan mengatakan bahwa permintaan bunga
 
tabur meningkat drastis dibanding hari-hari biasanya.
 
"Permintaan warga untuk membeli bunga bahkan meningkat sepekan sejak menjelang Ramadhan ini," katanya.
 
Ia menambahkan bahwa dirinya mampu meraih omset hingga Rp2 juta per hari apabila warga yang berziarah benar-benar memadati kawasan kuburan untuk berziarah.
 
Paling sedikitnya menjelang Ramadhan ini dia mampu meraih keuntungan hingga Rp 500.000 dalam sehari.
 
"Dalam beberapa hari ini saja ratusan kantong Bunga telah terjual dan memberikan kami keuntungan yang cukup banyak menjelang bulan Ramadhan ini agar bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga," ujarnya.
 
Sebelumnya, untuk menjaga kondusivitas lalu lintas, Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Haryo Sugihhartono mengimbau warga untuk memarkir kendaraan dengan baik dan tidak mengganggu arus lalu lintas.
 
Ia juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan, semoga menjadi keberkahan bagi warga Kota Palembang.*