Menteri LHK sebut ada lebih seribu ekor harimau sumatra di Pulau Sumatera

id Harimau sumatera, Siti nurbaya

Menteri LHK sebut ada lebih seribu ekor harimau sumatra di Pulau Sumatera

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya saat memberikan keterangan terkait pelepasliaran dua ekor harimau sumatra ke Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). ANTARA/Juraidi

Medan (ANTARA) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyebut saat ini diperkirakan masih ada lebih dari seribu ekor harimau sumatra yang hidup di sejumlah hutan maupun lokasi lainnya di Pulau Sumatera.

"Berdasarkan laporan, ada lebih dari seribu ekor harimau sumatra yang masih hidup di Pulau Sumatera," katanya di Medan usai pelepasliaran dua harimau sumatra, "Ambar Goldsmith" dan "Beru Situtung" ke habitat alaminya di Taman Nasional Gunung Leuser, Rabu.

Untuk menguatkan data tentang metapopulasi harimau sumatra telah dilakukan Sumatra Wide Tiger Survey (SWTS) di 23 bentang alam di seluruh Sumatera sejak tahun 2018 dengan target 721 grid dan telah selesai sampai tahun 2023 sebanyak 657 grid di seluruh bentang alam tersebut.

Berdasarkan kompilasi data yang dilakukan untuk input analisis kesintasan populasi (Population Viability Analysis/PVA), harimau sumatra di alam pada tahun 2013-2019 diperkirakan berjumlah sekitar 586 ekor dewasa.

Proses PVA juga menghasilkan perkiraan daya dukung habitat di seluruh Sumatera, yaitu sebanyak 1400-an ekor.