Survei: Wisatawan Gen Z dan milenial berlibur untuk hilangkan stres

id Liburan,Menghilangkan stres,Wisatawan,Gen Z,Milenial,Gen X,Wisata

Survei: Wisatawan Gen Z dan milenial berlibur untuk hilangkan stres

Wisatawan mengunjungi destinasi wisata Tugu KM Nol Indonesia di Kota Sabang. (ANTARA/HO-Humas Pemkot Sabang)

Jakarta (ANTARA) - Hasil survei RedDoorz Indonesia menunjukkan bahwa wisatawan Indonesia dari kelompok Gen Z dan milenial lebih banyak memutuskan berlibur untuk menghilangkan stres.

Menurut keterangan resmi yang diterima pada Minggu, survei yang dilakukan pada akhir Desember 2023 hingga pertengahan Januari 2024 itu melibatkan responden pelanggan RedDoorz dari kelompok Gen Z dan milenial yakni rentang usia 14-42 tahun dan kelompok Gen X yang berusia 43-50 tahun.

Sebanyak 67 persen responden dari kelompok wisatawan Gen Z dan milenial pergi berlibur karena ingin menghilangkan stres. Sementara 57 persen wisatawan dari kelompok Gen X berlibur dengan alasan ingin lebih banyak mendapatkan waktu berkualitas (quality time) bersama keluarga.

Survei tersebut juga menunjukkan preferensi liburan dari setiap kelompok wisatawan. Kelompok wisatawan Gen Z dan milenial lebih suka mencari inspirasi liburan langsung dengan membuka media sosial. Sementara untuk kelompok wisatawan Gen X masih senang mencari sumber-sumber inspirasi liburan lewat Google.